News Video Sripo

Video: PTBA Lakukan Green Mining, Menanam 3100 Pohon di Hutan Kalamudin TPA Bukit Kancil Muaraenim

PT Bukit Asam Tbk bersama Pemkab Muaraenim lakukan Green Mining sebanyak 3.100 pohon di hutan Kalamudin yang berlokasi di TPA Bukit Kancil Muaraenim.

SRIPOKU.COM,MUARAENIM - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) PT Bukit Asam Tbk bersama Pemkab Muaraenim lakukan Green Mining sebanyak 3.100 pohon di hutan Kalamudin yang berlokasi di TPA Bukit Kancil Muaraenim.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Jumat,(26/6/2020) kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Plt.Bupati Muaraenim,H Juarsah SH, GM UPTE PT Bukit Asam,Suhedi,dan unsur Forkompinda Kabupaten Muaraenim.

Seperti yang dikatakan oleh GM UPTE PT Bukit Asam Tbk., Suhedi bahwa Luas hutan Kalamudin ini sekitar 34.5 Hektar.

Polisi Saat Ini Masih Dalami Dugaan Penyebab Kebakaran di Rusun Blok 46 Kelurahan 26 Ilir Palembang

" Yang dibagi menjadi 5 blok, tahun lalu sudah kita lakukan penanaman 3.700 pohon, dan ini akan kita lakukan penanaman kembali sebanyak 3.100 pohon untuk menghijaukan kembali hutan kalamudin ini,tapi untuk hari ini akan dilakukan penanaman 1.000 pohon terlebih dahulu,"katanya.

Dijelaskan Suhedi, adapun pohon yang akan ditanaman tersebut bermacam-macam jenis.

" Ada tanaman lokal,kayu Merbau, pohon mangga, durian, ekaliptus, meranti, pulai dan yang lain-lainnya, dan kita harapkan nantinya disetiap blok akan ditanam sekitar 23 ribu pohon,"katanya.

Ia juga mengatakan bahwa hutan Kalamudin adalah lahan eks penambangan PTBA.

Tes Kepribadian: Gambar Pertama yang Kamu Lihat Tunjukkan Karaktermu yang Tersembunyi

" Harapannya kalau dulu adanya image bahwa jika ada penambangan akan merusak lahan,padahal sebelum menambang itu ada prosedur yang harus kita patuhi salah satunya adalah izin Amdal dan prosedur lainnya, jadi tidak sembarangan kalau mau membuka lahan penambangan , dan setelah selesai nambangpun kita akan lakukan reklamasi, jadi dengan kata lain meskipun ada penambangan namun tetap ada keseimbangan alamnya,"katanya.

Dilain pihak, Plt.Bupati Muaraenim,H Juarsah SH memastikan bahwa Pemkab. Muaraenim terus berkomitmen menjamin keberlanjutan pelestarian alam dan keanekaragaman hayati demi menjaga kondisi lingkungan, terutama dampak pemanasan global.

Dianggap Sudah Serobot Lahan, Kelompok Tani Sinar Meriu Ancam Blokir Jalan Dua Perusahaan Ini

" Salah satu hal terpenting yang dapat diwariskan kepada anak-cucu kedepan adalah lingkungan alam yang baik,"katanya.

Ia juga mengatakan untuk taman Hutan Kota H. Kalamudin Djinab ini merupakan lahan bekas tambang batubara PT. Bukit Asam (Persero) yang direklamasi dan direhabilitasi menjadi lahan hijau dengan total luas lahan keseluruhan yaitu 50 hektar.

"Dengan lahan penghijauan seluas 34 hektar, kita berharap dengan adanya penanaman pohon ini, akan dapat menghijaukan lagi lahan eks tambang ini dan melestarikan alam di bumi serasan sekundang,"pungkasnya.

Editor: Rahmad Zilhakim
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved