Liputan Eksklusif

Video Eksklusif : Berdalih Keuangan Bank tak Stabil, Nasabah Sulit Cairkan Dana Dampak Covid-19

Pembayaran yang tak bisa dilakukan secara full diakui pihak perbankan, lantaran saat ini dalam keadaan Covid-19 menyebabkan banyak kredit tidak jalan

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pandemi Covid-19 nyatanya memberi dampak bagi semua sektor usaha tak terkecuali bagi perbankan. Bahkan dampak dari pandemi membuat pihak bank mengalami kesulitan mencairkan dana tunai nasabah, Minggu (21/6/2020).

Berdasarkan informasi yang dihimpun SRIPOKU.COM, jumlah transaksi penarikan dana di beberapa perbankan di Palembang mengalami peningkatan.

Namun, nyatanya sejumlah perbankan terkesan "menahan" proses penarikan dana tersebut.

Semisal untuk pencairan deposito nasabah sampai harus menunggu berhari-hari untuk mendapatkan kepastian waktu pencairan.

Salah seorang pengusaha di Palembang, inisial LW menceritakan pengalamannya saat melakukan proses pencairan dana deposito miliknya disalah satu bank swasta dengan nilai Rp 1 Miliar.

"Saya mau cairkan deposito, tetapi terkesan dihambat oleh pihak bank. Biasanya kalau mau pencairan tak ada masalah," katanya.

Setelah tak mendapatkan kepastian soal kapan pencairan dana tersebut, ia mengaku langsung menghubungi pihak perbankan yang kemudian menyatakan proses pembayaran tidak bisa secara penuh (full payment).

Pembayaran yang tak bisa dilakukan secara full diakui pihak perbankan, lantaran saat ini dalam keadaan Covid-19 menyebabkan banyak kredit yang tidak jalan dan penarikan uang di bank juga lagi melonjak.

"Kata pihak bank banyak kredit tidak jalan, sehingga ketersedian dana belum siap," jelasnya.

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Ahmad Helmi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved