Berita Ramadhan

Meski Dianjurkan di Rumah, Berikut 6 Amalan Terbaik di Bulan Ramadhan Selama Wabah Covid-19

Bulan Ramadhan Ada Malam yang Lebih Baik dari 1000 Bulan, maka itulah perbanyak amal ibadah, terutama puasa Ramadhan, membaca al Quran dan Sedekah

Ist
Meski Dianjurkan di Rumah, Berikut 6 Amalan Terbaik di Bulan Ramadhan Selama Wabah Covid-19 

SRIPOKU.COM-Meski ada imbauan di rumah saja, namun bagi umat Muslim menyambut bulan Ramadhan adalah hal yang ditunggu-tunggu, tentunya banyak amalan-amalan yang akan dilaksanakan selama bulan Ramadhan di tengah wabah Virus Corona atau Covid-19.

Imbauan di rumah saja adalah bagian dari Social Distancing, sehingga berkaitan dengan pencegahan Virus Corona, sehingga pemerintah pun mewanti-wanti untuk menghindari kerumunan yang berpotensi menyebar virus.

Meski begitu bulan Ramadhan terutama salat Tarawih tetap menjadi perhatian dan pemerintah lebih menganjurkan melaksanakan salat Tarawih di rumah.

Berikut ini ada 6 amalan yang mencakup bagaimana menjalankan ibadah di tengah Wabah Covid-19, amalan dan doa-doa agar becana yang melanda dunia ini segera berlalu.

1.Niat Ihklas dan Bertekad Menjalan Ibadah Selama Ramdhan dengan Ceria

Di tengah wabah Corona atau Covid-19 yang serba sulit, karena mempengaruh seluruh sendi kehidupan, maka Ustad Mustain, pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Huda mengatakan, utama niat baik dan jalani dengan tulus dan iklas sehingga muncul kegembiraan dan keceriaan.

Sebab ibadah di Bulan Ramadhan sangat baik dan berkah, sebagai dijelaskan dalam hadits berikut ini:

Diceritakan dari Abu Hurairah dalam kitab Shahih Bukhori juz 1 halaman 283 tentang keutamaan bulan Ramadhan, yang berbunyi sebagai berikut:

حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا هِشَامٌ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: “Bahwa Nabi Muhammad bersabda, barang siapa yang menunaikan sholat di malam lailatul qadar dengan keimanan dan mengharap ridha Allah, maka Akan diampuni dosa-dosa yang terdahulu. Dan barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan keimanan dan mengharap ridha Allah, maka diampuni dosa-dosa yang terdahulu”. (HR. Bukhori).

Halaman
1234
Editor: Hendra Kusuma
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved