Breaking News:

Apa Untung dan Ruginya Membicarakan Besaran Gaji dengan Teman Kerja?

Meski kita sudah berteman lama dan percaya dengan rekan kerja, buka-bukaan soal gaji memiliki dua sisi.

Editor: Bejoroy
Apa Untung dan Ruginya Membicarakan Besaran Gaji dengan Teman Kerja?
ISTIMEWA
Ilustrasi - Beberapa perusahaan memberlakukan kebijakan kerahasiaan gaji dan melarang karyawan mendiskusikan gaji mereka dengan rekan kerjanya.

SRIPOKU.COM - Masalah uang memang sensitif untuk dibicarakan, apalagi soal gaji. Meski kita sudah berteman lama dan percaya dengan rekan kerja, buka-bukaan soal gaji memiliki dua sisi. Yaitu dapat memicu kecemburuan sosial atau memotivasi kita untuk mencari kantor yang mau membayar sesuai skill dan pengalaman kita.

Beberapa perusahaan memberlakukan kebijakan kerahasiaan gaji dan melarang karyawan mendiskusikan gaji mereka dengan rekan kerjanya.

Kebijakan-kebijakan ini dituangkan dalam buku pegangan karyawan atau perjanjian yang harus ditandatangani saat baru diterima kerja.

CPNS 2019 Resmi Dibuka 25 Oktober, Tersedia 100 Ribu Formasi, Ini Syarat & Besaran Gaji PNS Gol I-IV

Inilah 6 Zodiak Tak Tahan Lama Berpacaran: Gemini Suka Mengkritik Pasangan, Taurus Mudah Bosan

“Biasanya perusahaan yang punya kebijakan tersebut adalah mereka yang ingin mencari karyawan baru dengan kualitas terbaik untuk masuk dalam tim mereka. Orang yang berbakat tersebut kemungkinan akan menawar gaji yang lebih tinggi dari rata-rata,” kata Denise Rousseau, profesor perilaku organisasi dan publik kebijakan di Universitas Carnegie Mellon.

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sripokutv di bawah ini:

“Apa yang atasan coba hindari adalah masalah kesetaraan internal ketika orang-orang yang baru direkrut membiarkan karyawan lama tahu gaji yang mereka dapat,” ucap Rousseau.

Walaupun sudah ada peraturan kerahasiaan gaji, namun terkadang akhirnya bocor juga. Mungkin juga ada yang “keceplosan” mengatakan gajinya dan akhirnya jadi rahasia umum.

Penelitian menunjukkan bahwa karyawan cenderung merasa teraniaya dengan kebijakan kerahasiaan gaji dan kebijakan itu membuat karyawan percaya bahwa mereka dibayar lebih rendah dibandingkan rekan-rekannya.

"Kerahasiaan gaji merusak rasa kesetaraan atau keadilan dalam sebuah organisasi,” kata Rousseau.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved