Berita Ogan Ilir

MUI Ogan Ilir Masih Perbolehkan Salat Jumat di Masjid, Bisa Juga Zuhur di Rumah, Ini Pertimbangannya

Sejumlah Masjid di Ogan Ilir Diperbolehkan Mengganti Shalat Jumat dengan Dzuhur, Ini Pertimbangannya

SRIPOKU.COM/Resha
Suasana Masjid Al Muhajirin di Jalan Lintas Indralaya - Kayuagung Km35, yang masih menyelenggarakan Shalat Jumat pada Jumat (27/3/2020). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Resha

MUI Ogan Ilir Masih Perbolehkan Salat Jumat di Masjid, Bisa Juga Zuhur di Rumah, Ini Pertimbangannya

SRIPOKU.COM, INDRALAYA -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Ogan Ilir akhirnya tetap memperbolehkan masyarakat di Bumi Caram Seguguk Sumsel, untuk melaksanakan Shalat Jumat di masjid-masjid pada Jumat (27/3/2020). Karena, imbauan resmi dari MUI baru saja dikeluarkan.

Ketua MUI Kabuaten Ogan Ilir, Nadjib Subhi mengatakan bahwa bagi masjid-masjid yang letaknya di Desa/Kelurahan yang umum jemaah Sholat Jumatnya penduduk dari kalangan setempat, diperbolehkan melaksanakan Sholat Jumat seperti biasa.

Hanya saja, tetap memperhatikan hal-hal sebagai upaya antisipasi penularan Corona atau Covid-19.

"Seperti menjaga jarak, membawa sajadah sendiri dari rumah, mencuci tangan sebelum ke masjid, tidak bersalaman dan memakai masker," ujarnya saat dikonfirmasi Jumat (27/3/2020).

Namun bagi masjid yang yang letaknya di jalur lintas, jalan protokol atau yang masyarakatnya bersifat Heterogen, pihaknya mengimbau kepada pengurus masjidnya untuk menekankan kepada masyarakat, agar menggantinya dengan Shalat Dzuhur.

Sebab, kebanyakan masyarakatnya sudah Heterogen, atau berasal dari berbagai daerah.

"Dan bagi masyarakat yang dalam kondisi tidak sehat, seperti demam, flu, pilek dan sejenisnya supaya tidak Shalat Jumat di masjid karena rawan menular serta mengganggu kenyamanaan jamaah lain," tambahnya.

Untuk warga yang baru pulang dari luar daerah, utamanya yang berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP) Virus Corona, cukup Shalat Dzuhur di rumah saja. Mereka tidak perlu ke masjid, karena pertimbangan tadi.

"Imbauan ini baru disampaikan, dan Insya Allah mulai diberlakukan Jumat depan," jelasnya.

Sementara itu pantauan di lapangan, masjid di Ogan Ilir memang masih menyelenggarakan Shalat Jumat. Satu diantaranya, ialah Masjid Muhajirin yang terletak di Jalan Lintas Indralaya - Kayuagung Km35, Ogan Ilir.

Hanya saja, saat penyelenggaraan Shalat Jumat tersebut pengurus masjid tidak menggelar Sajadah seperti biasanya. Hal itu untuk mencegah penularan Virus Corona, atau Covid-19.

Penulis: RM. Resha A.U
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved