Breaking News:

Cara Mendaftar Kartu Indonesia Pintar Kuliah, Bisa untuk Daftar SNMPTN Hingga 31 Maret 2020

Khusus calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu yang membutuhkan KIP Kuliah, disediakan perpanjangan waktu yang menyesuaikan pendaftaran KIP Kuliah.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo
Cara Mendaftar Kartu Indonesia Pintar Kuliah(KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo) 

SRIPOKU.COM - Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mohammad Nasih, menjelaskan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tetap telah ditutup pada tanggal 27 Februari 2020 pukul 23.50.

Namun, khusus bagi calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu yang membutuhkan KIP Kuliah, disediakan perpanjangan waktu yang menyesuaikan pendaftaran KIP Kuliah, yaitu tanggal 2 hingga 31 Maret 2020.

Hal tersebut lebih jelasnya diatur dalam Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomoe 07/SE.LTMPT/2020.

“Untuk pendaftaran SNMPTN tahun 2020 terdapat 561.512 siswa yang eligible untuk mendaftar di SNMPTN, ini sesuai dengan kuota untuk masing-masing aplikasi di setiap SMA,’’ ujar Nasih dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Robot Bulan Milik China Ungkap Temuan Mengejutkan, Ternyata Debu Bulan Tebalnya 12 Meter

LTMPT pada penerimaan SNMPTN tahun ini menggunakan model baru dalam proses seleksi bagi siswa yang berhak mendaftar SNMPTN.

“Kalau tahun yang lalu kita menggunakan rangking sebagai alat untuk memeringkatkan atau cut off, tahun ini kita menggunakan jumlah orang sebagai cut off untuk mereka yang eligible.

Sehingga kalua kuotanya 40 persen tetap 40 persen, sedangkan untuk tahun lalu semula 40 persen bisa menjadi 60 persen atau bahkan 80 persen,’’ jelas Nasih.

"Berkaitan dengan KIP, kami mengimbau para pendaftar KIP kuliah untuk segera mendaftar pada laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ pada tanggal 2-31 Maret 2020.

Ini adalah bentuk keberpihakan kami bagi siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu," tutur Nasih.

Adapun Nasih menjelaskan cara pendaftarannya sebagai berikut:

80 Atlet Disabilitas Jalani Seleksi Tim Pelatda di Jakabaring Sport City

Halaman
12
Editor: Refly Permana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved