Tips

Masuki Musim Hujan, Berikut Tips Aman Berkendara di Jalan Basah dan Licin

Memasuki musim penghujan, ada baiknya bagi pengendara untuk lebih waspada dan memperhatikan tips aman berkendara dikarenakan jalan basah dan licin.

Masuki Musim Hujan, Berikut Tips Aman Berkendara di Jalan Basah dan Licin
IST
Service Operational Manager TAG (Tunas Auto Graha) Palembang Ragil Kuncoro memeriksa kondisi ban mobil customer.

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Memasuki musim penghujan, ada baiknya bagi pengendara untuk lebih waspada dan memperhatikan tips aman berkendara (safety riding) dikarenakan jalan badah dan licin yang meningkatkan potensi kecelakaan.

Service Operational Manager TAG (Tunas Auto Graha) Palembang Ragil Kuncoro kepada Sripoku.com, menyebutkan ada lima hal yang wajib diperhatikan.

Yang pertama kecepatan kendaraan. Mengemudikan mobil dalam kecepatan rendah agar tidak kehilangan kendali ketika melalui jalan licin (hydoplaning).

Kemudian yang kedua, jaga jarak kendaraan. Demi menjaga keamanan dan kondisi yang tidak diinginkan pastikan jarak kendaraan aman untuk terhindar dari tabrakan/rem mendadak.

Lalu yang ketiga, pastikan kondisi fisik pengemudi. Kesiapan fisik pengemudi, konsentrasi/fokus, dan kehati-hatian.

Hal yang keempat, pastikan kondisi fisik kendaraan. Seperti ban, tekanan angin ban dan ketebalannya masih baik dikarenakan traksi/daya cengkram, langsung bersentuhan dengan aspal dapat menciptakan pengereman, manuver dan handling yang maksimal.

Kanvas rem, salah satu yang paling vital yang terpasang di kendaraan untuk memperlambat laju kendaraan. Pastikan pemeriksaan dan ketebalan dari kanvas rem tersebut secara berkala 6 bulan.

Wiper, untuk menjaga visibility jarak pandang kendaraan di waktu hujan untuk menyapu air di kaca depan dan belakang dan pengecekan air wipernya secara berkala.

"Selanjutnya, pastikan fitur-fitur di dashboard kendaraan Anda bekerja dengan baik jika ada standar pabrikan," kata Ragil.

VSC (Vehicle Stability Control) untuk mencegah tergelincirnya mobil saat sedang melaju (secara otomatis). ABS (Anti lock Brakinf System) mencegah penguncian rida saat pengereman mendadak/kejut. TRC (Traction Control) mencegah slip roda saat akselerasi. (Abdul Hafiz)

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved