Mengenal Ciu, Miras Khas Banyumas, Kucing Pun Bisa Mati Dibuatnya

Ciu, sebutan sejenis minuman beralkohol yang dihasilkan dari proses fermentasi ketela pohon cair yang terbuang dalam proses pembuatan tapai.

Mengenal Ciu, Miras Khas Banyumas, Kucing Pun Bisa Mati Dibuatnya
SRIPOKU.COM/WELLY HADINATA
Pekerja cafe dan barang bukti miras yang digrebek petugas di Desa Ibul Besar 1 Pal 12 Kecamatan Pemulutan Induk Kabupaten Ogan Ilir, Jumat (1/6/2018). 

SRIPOKU.COM - Setiap daerah di Indonesia memiliki sebutan untuk minuman keras (miras) dari daerahnya.

Salah satunya adalah Ciu, sebutan sejenis minuman beralkohol yang dihasilkan dari proses fermentasi ketela pohon cair yang terbuang dalam proses pembuatan tapai (tetes tapai).

Dikutip dari wikipedia, minuman ini khas dari daerah Desa Kebjaran, Sumpiuh, Banyumas dan Cikakak Ajibarang, Jawa Tengah, Indonesia, sebuah daerah di sekitar pinggiran kota Banyumas.

Selain itu minuman ini juga sangat populer dikalangan pemuda Kota Sumiuh. Minuman ini dikenal mengandung alkohol dan sangat efektif untuk membuat orang yang meminumnya mabuk.

Ciu sangat populer di Pulau Jawa terutama wilayah Banyumas, Sumpiuh, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, Kroya dan sekitarnya.

Awalnya Ciu hanya banyak dipasarkan di wilayah Banyumas, Purwokerto, Sumpiuh dan Ajibarang saja, tetapi dengan semakin melambungnya harga miras botol membuat masyarakat kembali memilih Ciu sebagai miras yang lebih terjangkau harganya.

Baru-baru ini, Ciu menjadi perbincangan banyak prang.

Dikutp dari tribunnews.com, viral di media sosial Twitter sebuah video memperlihatkan seekor kucing dicekoki Ciu hingga kejang-kejang dan akhirnya mati.

Video tersebut diketahui direkam dan diunggah ke Instagram Story sebuah akun bernama @azzam_cancel.

Total, @azzam_cancel mengunggah sebanyak enam video yang memperlihatkan seekor kucing tersiksa karena dicekoki miras.

Halaman
123
Editor: Refly Permana
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved