8 Tips Ampuh Merawat Rambut Bercabang: dari Minyak Alami hingga Rutin Potong Rambut

Rambut bercabang merupakan tanda rambut yang tidak sehat. Ketika rambut bercabang, artinya kita sudah melakukan hal-hal yang merusak rambut kita.

8 Tips Ampuh Merawat Rambut Bercabang: dari Minyak Alami hingga Rutin Potong Rambut
Sekar Anggany Putri - blogger
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM - Rambut bercabang merupakan tanda rambut yang tidak sehat. Ketika rambut bercabang, artinya kita sudah melakukan hal-hal yang merusak rambut kita.

Misalnya, kebiasaan styling rambut setiap hari atau sering menyisir rambut terlalu kasar. Rambut yang sudah bercabang hampir tidak bisa lagi diperbaiki dan perlu dipotong agar tidak menimbulkan kerusakan lebih parah.

Inilah 6 Manfaat Lain Aloe Vera Soothing Gel Nature Republic

7 Kebiasaan Mandi ini Ternyata Merugikan Kesehatan

Lalu, apa saja perawatan yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah rambut bercabang?

1. Perawatan dengan minyak alami
Minyak membentuk lapisan pelindung pada batang-batang rambut sehingga rambut terlindung dari kerusakan yang mungkin terjadi ketika mencuci rambut.

Lubrikasi dan perawatan lewat pijat (oil massage) bisa sangat membantu dalam mengatasi rambut rusak. Jadi, setiap mencuci rambut jangan lupa pijat kepala dengan minyak sedikitnya selama satu jam sebelum mencuci rambut

2. Menyisir rambut dengan lembut
Kita mungkin tidak menyadari seberapa kuat kita menyisir rambut. Ada banyak ikatan-ikatan di rambut yang harus dilepaskan secara lembut. Maka usahaka tidak menyisir rambut terlalu kuat.

Menarik-narik rambut bisa menyebabkan lebih banyak kerusakan pada rambut dan memicu rambut bercabang yang semakin banyak. Selain itu, pilihlah sisir bergigi jarang untuk menyisir rambutmu.

3. Tidak terlalu sering menggunakan alat styling

Penggunaan panas dari alat-alat styling rambut adalah salah satu penyebab utama rambut bercabang. Menggunakan alat styling ketika rambut sudah bercabang akan membuatnya semakin rusak. Jadi, jangan terlalu sering menggunakannya atau akan lebih baik jika berhenti menggunakannya hingga kondisi rambutmu kembali seperti sedia kala.

4. Jangan patahkan rambut bercabang itu
Ketika melihat rambut bercabang, kamu mungkin tergoda untuk menarik atau memisahkannya. Jangan pernah lakukan itu. Tak peduli seberapa besar keinginanmu, menarik ujung rambut bercabang akan membuat rambut lebih lemah dan memicu rambut bercabang yang semakin banyak.

5. Menggunakan leave-in conditioner
Menggunakan conditioner adalah hal yang wajib jika ingin rambut yang sehat dan ternutrisi. Kebanyakan conditioner harus dibilas setelahnya. Namun, jika kamu memiliki rambut bercabang, conditioner biasa tidak akan terlalu berpengaruh untuk masalahmu.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved