Pasca Penusukan Wiranto, Pengamanan Gubernur dan Wagub Tetap Akan Sesuai SOP

pengamanan gubernur dan wakil gubernur berdasarkan SK Gub ni 709 /kpts/Satpol pp /2018 dan surat keputusan gubernur nomorn: 226/kpts/Satpol pp / 2017.

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Penusukan yang dialami oleh Menko Polhukam Wiranto menjadi sorotan banyak pihak.

Terutama soal standar pengamanan bagi pejabat publik tak terkecuali Gubernur dan Wakil Gubernur.

Menanggapi hal itu Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Sumatera Selatan, Aris Saputra mengatakan pada dasarnya pengamanan, pengawalan dan penjagaan gubernur dan wakil gubernur termasuk pejabat provinsi lainnya, berdasarkan SK Gub ni 709 /kpts/Satpol pp /2018 dan surat keputusan gubernur nomor: 226/kpts/Satpol pp / 2017.

"Berkaitan dengan kejadian itu tentunya akan menjadi perhatian kita.

Namun kita berusaha untuk bersikap dan menerapkan pengamanan seperti biasa saja tetap sesuai dengan aturan. Tetap siaga waspada peka dan disiplin dalam pengamanan," jelasnya saat dihubungi melalui WA, Senin (14/10/2019)

Lanjut, dalam pelaksanaan standar operasional prosedur (SOP) pengamanan Gubernur dan Wakil Gubernur selalu dikoordinasikan dengan Satpoll PP termasuk dengan jajaran protokol.

"Anggota kita selalu mendahului ke lokasi acara untuk pengamanan awal. Satu platon ( 30 orang ) bertugas secara bergilir, penempatan disesuaikan dengan kondisi dan banyaknya massa serta lokasi acara," jelas Aris.

Pengamanan yang dilakukan termasuk untuk clear area disekitar lokasi dan jalan - jalan yang akan dilalui oleh Gubernur maupun Wakil Gubernur.

Seperti diketahui, Baik Gubernur dan Wakil Gubernur kerap melakukan kontak dengan masyarakat saat berkunjung ke Lapangan.

Meski begitu pasca kejadian penusukan, tidak ada peningkatan standar pengamanan di setiap kegiatan kepala Daerah.

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Refly Permana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved