Inilah 3 Tips Berkendara Saat Terjebak Demonstrasi

Kegiatan aksi unjuk rasa yang berlangsung di sejumlah kota besar telah menimbulkan kekhawatiran bagi pengguna jalan. Pasalnya dampak dari demonstrasi

Inilah 3 Tips Berkendara Saat Terjebak Demonstrasi
SRIPOKU.COM/REFLI PERMANA
Ilustrasi - Berkendara diperankan Rizki Kirana. 

SRIPOKU.COM, JAKARTA – Kegiatan aksi unjuk rasa yang berlangsung di sejumlah kota besar telah menimbulkan kekhawatiran bagi pengguna jalan. Pasalnya dampak dari demonstrasi mahasiswa dan para pelajar itu membuat pengemudi mobil dan sepeda motor terganggu.

Mulai dari kemacetan panjang, sampai terkena lemparan batu, juga aksi kekerasan yang dilakukan oknum polisi atau perusuh.

MENCEKAM Video Detik-detik Kerusuhan Demonstrasi di Wamena Papua, Rentetan Suara Tembakan Terdengar

Sambil Berlesehan di Badan Jalan Depan Mapolda, Massa Aksi Demonstrasi Tuntut Kapolri Turun

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan menyarankan, bagi pengendara untuk menghindari kerumunan massa jika sudah tahu lokasi yang bakal dilewati tengah berlangsung unjuk rasa.

Mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa pada acara pelantikan anggota DPRD Jabar periode 2014 -2019 di seputaran Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, Senin, (1/9/2014).
Ilustrasi - Mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa pada acara pelantikan anggota DPRD Jabar periode 2014 -2019 di seputaran Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, Senin, (1/9/2014). (KOMPAS.com/Rio Kuswandi)

“Karena banyak demo berujung ricuh yang bisa saja menyebabkan kerugian bagi kita, misalnya terkena batu atau bambu,” ujarnya kepada Kompas.com Kamis (26/9/2019).

Namun bila sudah terjebak dan harus melalui daerah tersebut, Marcell mengatakan ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pengendara.

Pertama, pastikan berkendara sepelan mungkin saat melewati pendemo. Menurut Marcell, cara ini dilakukan agar kita memiliki waktu serta jarak yang cukup untuk bertindak dan berhenti.

Kemudian selalu waspada dengan pergerakan massa, karena dengan berkumpulnya massa yang banyak, sulit untuk memprediksi gerakan tiba-tiba dari salah satu atau beberapa orang yang bisa saja bersinggungan dengan mobil kita,” katanya.

Macet panjang di Jalan Jenderal Sudirman Palembang, akibat perayaan May Day aksi ratusan buruh di bundaran Cinde Palembang, Jumat (1/5/2015).
Macet panjang di Jalan Jenderal Sudirman Palembang, akibat perayaan May Day aksi ratusan buruh di bundaran Cinde Palembang, Jumat (1/5/2015). (SRIPOKU.COM/CANDRA OKTA DELLA)

Ketiga, lebih baik beri jalan dan mengalah kepada massa pendemo. Sebab bila kita bersinggungan dengan salah satu pendemo, dapat memicu massa yang lain, sehingga ada kemungkinan keselamatan kita terancam.

“Karena menurut penelitian, seseorang di dalam kawanna cenderung untuk berperilaku serupa dengan yang lain (flocking behaviour), lebih baik kita yang menghindar,” ucap Marcell.

Penulis: Dio Dananjaya

Like Facebook Sriwijaya Post Ya...

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs https://otomotif.kompas.com/ dengan Judul:
Ini 3 Tips Berkendara Saat Terjebak Demo

Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved