Berita Palembang

Ditjen Dukcapil Imbau Para Orangtua Segera Membuat Kartu Identitas Anak, Banyak Manfaatnya

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) pun mengingatkan untuk semua orangtua untuk segera mengurus kartu identitas tersebut.

Ditjen Dukcapil Imbau Para Orangtua Segera Membuat Kartu Identitas Anak, Banyak Manfaatnya
SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH
Anak-anak dibawah usia 10 tahun saat menerima Kartu Identitas Anak dan Akta Kelahiran di Griya Agung, Senin (9/9/2019) 

Laporan wartawan sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Kartu Identitas Anak (KIA) ternyata memiliki berbagai manfaat. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) pun mengingatkan untuk semua orangtua untuk segera mengurus kartu identitas tersebut.

Bukan hanya sekadar Identitas bagi anak 0 sampai sebelum usia 17 tahun, namun manfaat lainnya yang juga bisa didapatkan seperti berbagai diskon menarik yang ditawarkan bagi anak yang memiliki KIA.

David Yama, Direktur Pendaftaran Penduduk Ditjen Dukcapil mengatakan, pihaknya telah mengimbau Dukcapil Kabupaten/Kota se Indonesia untuk dapat memanfaatkan KIA.

"Jadi bukan hanya cetak kemudian masuk kantong lalu disimpan, tapi harus lebih dari itu dan dapat difungsikan, misalnya untuk pendaftaran zonasi sekolah, untuk pariwisata sampai Diskon saat belanja contohnya saat anak beli buku pelajaran sekolah di Gramedia, transportasi atau beli makanan dan masih banyak lagi," jelasnya.

Sekolah Negeri Tak Patuhi Aturan Saat Terima Siswa, Sekolah Swasta Terancam Banyak Tutup

Herman Deru Ingin Kembangkan Pohon Aren Di Sumsel

Karhutlah di Desa Soak Batok Ogan Ilir, Dua Petani Luka-Luka Hingga Motor Hangus

Oleh karenanya, untuk kesiapan dan mendukung masyarakat yang akan membuat KIA, pada kebijakan tahun 2019 semua Dukcapil di Indonesia untuk memproduksi blanko dan mencetakkan blanko KIA tersebut.

"Blanko KIA Alhamdulillah stoknya kami pastikan ada terus, baik di Kabupaten/kota. Bahkan 2018 kami support untuk di simulasi di beberapa daerah yang terpilih karena cakupan angka kelahirannya sudah diatas 70 persen," jelasnya.

Sementara itu, Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti mengatakan, sejauh ini program untuk kepemilikan KIA belum dilakukan.

Untuk pemberian harga khusus bagi penumpang usia anak-anak berlaku bagi yang masih berusia dibawah 3 tahun.

"Kalau sudah lebih 3 tahun dikenakan tarif biasa saat ini untuk anak di bawah 3 thn tidak dikenakan tarif tiket Rp.0 ,/ tiket infant," ujarnya.(cr26)

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved