Setelah Pensiun Ingin Tetap Produktif Secara Finansial? Simak Beberapa Tips Berikut

Rasa bingung sering menggelayut di hari-hari pertama setelah pensiun, terkadang seseorang ingin untuk bisa tetap produktif meski sudah berhenti bekerj

Setelah Pensiun Ingin Tetap Produktif Secara Finansial? Simak Beberapa Tips Berikut
ISTIMEWA
Ilustrasi - Persiapan dana pensiun. 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Rasa bingung sering menggelayut di hari-hari pertama setelah pensiun, terkadang seseorang ingin untuk bisa tetap produktif meski sudah berhenti bekerja.

Terutama, agar masa-masa di hari tua tak hanya bergantung dari dana pensiun yang sudah dimiliki, tetapi produktivitas finansial bisa tetap terus berlanjut.

Setelah Pensiun, Pasangan Ini Jual Semua Harta Bendanya Tanpa Tersisa Dan Lakukan Hal Ini Bersama

Tiru Kebiasaan Orang Makmur Setelah Pensiun Dini

Nah bagaimana caranya? Silakan simak tips sebagai berikut:

1. Bisnis sendiri atau waralaba
Perencana Keuangan Ahmad Ghozali dari Zelts Consulting mengungkapkan, setidaknya terdapat dua cara untuk teta bisa produktif secara finansial setelah pensiun, yaitu menjalankan bisnis sendiri dan membeli bisnis waralaba.

"Jadi pilihannya dua ya kalau mau pensiun dengan berbisnis, yang pertama menjalankan bisnis sendiri mulai dari 5-10 tahun sebelum pensiun, kedua membeli bisnis waralaba, siapkan dana yang lebih besar," ujar dia ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (25/8/2019).

2. Proses pengembangan bisnis tak sebentar
Dia mengatakan, proses pengembangan bisnis pun tidak bisa dilakukan secara mendadak. Setelah dana untuk berbisnis dikumpulkan ketika masih bekerja, proses pengembangan bisnis pun perlu untuk memakan waktu lima hingga 10 tahun sebelum benar-benar pensiun.

Matang secara finansial menjadi penting sebelum mulai menjalankan bisnis, sebab diperlukan waktu untuk membuat terbiasa dengan dunia bisnis yang lebih berisiko, perlu waktu untuk belajar mengelola bisnis, dan perlu waktu juga untuk membuat sistem dalam bisnis agar bisa dikelola secara profesional oleh orang lain.

"Jadi enggak bisa mendadak, 2-3 tahun sebelum pensiun baru siapkan strategi. Musti dari jauh-jauh hari. Karena secara finansial, ada banyak persiapan yang harus dilakukan," ujar dia.

3. Butuh penyesuaian mental
Membeli bisnis franchise waralaba yang sepenuhnya dikelola oleh pihak franchise memang lebih rendah risiko operasional. Namun jangan lupa, modal yang harus disiapkan juga lebih besar.

Selain itu meskipun opsi bisnis yang dipilih adalah bisis waralaba, bukan berarti proses menjalaninya lebih gampang. Sebab, seseorang yang biasa bekerja dengan jadwal dan penghasila rutin akan kaget dengan bisnis yang penghasilannya dan jadwalnya pun tak pasti.

"Tapi ini pun butuh penyesuaian mental lho. Yang biasa bekerja dengan jadwal rutin dan penghasilan rutin pastinya akan kaget dengan bisnis yang penghasilannya bisa tidak pasti jumlah maupun jadwalnya. Serta dengan jadwal kerja yang mungkin tidak sesuai dengan jam kerja umumnya karyawan," jelas Ahmad.

Penulis: Mutia Fauzia

Like Facebook Sriwijaya Post Ya...

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs https://money.kompas.com/ dengan Judul:
Ingin Tetap Produktif Secara Finansial Setelah Pensiun? Simak Tips Berikut

Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved