Berita Palembang

4 Narapida Dapat Remisi Langsung Bebas dan Diberikan Uang Santunan Rp 300 Ribu dari Gubernur

Kementrian Hukum dan HAM Sumatera Selatan melaporkan sebanyak 7.723 orang dari 14.153 narapidana dan anak pidana mendapatkan remisi umum.

4 Narapida Dapat Remisi Langsung Bebas dan Diberikan Uang Santunan Rp 300 Ribu dari Gubernur
SRIPOKU.COM/HARIS WIDODO
Gubernur Sumsel H Herman Deru memberikan uang santunan kepada 198 narapidana dan anak yang mendapatkan remisi umum langsung bebas bisa pulang dan narapida Minggu (18/8/2019). 

Laporan wartawan sripoku.com, Haris Widodo

SRIPOKU.COM,PALEMBANG--Kementrian Hukum dan HAM Sumatera Selatan melaporkan sebanyak 7.723 orang dari 14.153 orang narapidana dan anak pidana mendapatkan remisi umum.

Baik yang menerima 1 bulan sampai pembebasan secara langsung. Hal tersebut tertuang dalam surat lampiran keputusan menteri Hukum dan HAM RI Nomor : PAS-970-PK-01.01.02.TH.2019 tentang Pemberian Remisi Umum.

Pantauan Sripoku.com, Sabtu (17/8/2019) dengan memakai baju busana muslim 6 dari 198 orang mendapatkan remisi umum secara simbolik hadir  pada Upacara Pemberian Remisi warga binaan pemasyarakatan dan anak didik pemasyarakatan se-Sumatera Selatan di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia RI tersebut dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74.

Tidak hanya itu mereka pun melakukan sujud syukur didepan Gubernur Sumsel, Wakapolda, Kakanwil Kemenkumham dan puluhan orang yang hadir.

Ada yang tanpa ekspresi dan ada yang tak tahan menahan tangis atas pemberian remisi yang mereka dapatkan.

"Pada hari kemerdekaan Indonesia ini, kita berikan pengurangan masa pidana atau remisi umum kepada 7.723 narapidana dari 14.153 orang narapidana. Setelah dikurangi dengan remisi selama satu hingga enam bulan, 198 orang di antaranya dinyatakan bebas pada peringatan hari kemerdekaan tahun ini,” kata Kakanwil Kemenkum HAM Sumsel Sudirman D Hury di Palembang, Minggu (18/8/2019).

Lidia Korban Aksi Jambret di Kawasan Sako Palembang Meninggal Dunia, Begini Cerita Pihak Keluarga

Rayakan HUT RI ke -74 Tahun, Pohon Pinang Warga Lubuk Kayuagung, Roboh Menimpa Kabel Listrik

Atasi Karhutla di Wilayah MUBA, Ratusan Brimob, Pol PP dan BPBD Sumsel Diterjunkan ke Lokasi

Dengan perincian remisi 1 bulanan, Idham Vikriadi bin Herman Gani dkk sebanyak 1.785 orang, remisi 2 bulan atas nama Herwin Saputra bin Amir Hamzah dkk sebanyak 1.693 orang, remisi 3 bulan atas nama M. Althesa bin Abdul Aziz dkk, remisi 4 bulan atas nama Imanullah bin Usman dkk sebanyak 1.163 orang, remisi 5 bulan atas nama Andi Arizal bin Nurdin dkk sebanyak 683 orang, remisi 6 bulan atas nama Sevta bin Nurdin dkk sebanyak 135 orang.

Yang mendapat kebebasan setelah mendapat remisi umum tanggal 17 Agustus 2019 sebanyak 198 orang atas nama Abdul Muslim bin Andi Madali dkk.

Kasubsi Registrasi LPAK, Rina Setriari mengatakan yang mendapatkan remisi umum 2 (Bebas Pulang) ada 4 anak pidana dan remisi 1 (Tidak Pulang) ada 89 narapidana. Sisaya masih belum inkrach atau belum memenuhi proses.

Kemudian dirinya menjelaskan tentang syarat mendapatkan remisi yaitu bila umur narapidana 18 kebawah syaratnya harus menjalanin 3 bulan masa pidana maka penentuan mendapatnya remisi akan dikurang masa tahanan dan juga harus Berkelakuan baik.

Sedangkan narapidana di atas 18 syaratnya harus menjalani 6 bulan masa pidana, mendapatkan ekstravonis, maka penentuan remisinya akan dikurang dengan masa tahanan dan juga berkelakuan baik.

Lalu 198 narapidana dan anak pidana mendapatkan uang santunan dari Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru berupa uang perorang sebanyak Rp 300.000.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pemberian cinderamata hasil karya anak didik LPKA Klas IA Palembang serta penandatanganan MoU antara Gubernur Sumsel dengan Kakanwil Kemenkumham Sumsel tentang pembinaan dan pemenuhan hak anak berhadapan dengan hukum.

Penulis: Haris Widodo
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved