Berita Palembang

Stan Balai Pembenihan Tanaman Hutan di Sriwijaya Expo Diserbu Pengunjung karena Ada Bibit Gratis

Stan Balai Perbenihan Tanaman Hutan Wilayah 1 atau BPTH I mendadak ramai diserbu pengunjung Sriwijaya Expo padahal baru beberapa menit dibuka.

Stan Balai Pembenihan Tanaman Hutan di Sriwijaya Expo Diserbu Pengunjung karena Ada Bibit Gratis
TRIBUN SUMSEL.COM/HARTATI
Pengunjung Sriwijaya Expo memilih bibit pohon gratis yang dibagikan Balai Pembenihan Tanaman Hutan Wilayah (BPTH) I, Kamis (15/8/2019). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Stan Balai Perbenihan Tanaman Hutan Wilayah 1 atau BPTH I mendadak ramai diserbu pengunjung Sriwijaya Expo padahal baru beberapa menit dibuka.

Ramainya pengunjung ini karena ada 3000 bibit gratis sirsak madu dan gaharu dibagikan penjaga stan kepada semua pengunjung yang berminat. Syaratnya cuma mengisi buku tamu saja.

"Boleh ambil sebanyak mungkin bibitnya bebas tapi harus ditanam dan kebetulan saat pameran ini baru dua jenis ini saja yang sudah siap ditanam," ujar Vetty Febrianti, staf Balai Pembenihan Tanaman Hutan Wilayah I yang bertugas menjaga stan, Kamis (15/8/2019).

Pembagian bibit ini dimulai sejak stan baru dibuka pukul 11.00 lalu hingga bibit habis.

Bibit yang dibagikan bebas mau diambil sebanyak mungkin boleh. Pengunjung yang meminta bibit juga sudah disediakan kantong plastik pembungkus bibit.

Vetty mengatakan BPTH kerap membagikan jutaan bibit yang disemai di pesemaian pertamanan sendiri yang berada di Sukomoro dan Lubukkinggau.

Warga SU I Palembang Tewas Ditikam di OKU Selatan ketika mengawas Pekerjaan Penggalian Drainase

Ibu Jadi TKW di Taiwan, Bayi 14 Bulan Ini Ditemukan dalam Kondisi Lemas Bersama Mayat Sang Ayah

Tingkatkan Pelayanan SIM, Satlantas Polres Musirawas Perluas Ruang Tunggu, Ini Fasilitasnya

Tempat pesemaian bibit di Sukomoro ini bisa menampung persemaian bibit dua juta bibit. Ada 30 jenis bibit tanaman yang disemai dari biji berupa tanaman buah juga kayu keras.

"Awalnya lebih banyak bibit kayu yang dikembangkan tapi karena minat masyarakat menanam buah lebih besar kita kembangkan juga bibit buah untuk dibagikan gratis sebagai penghijauan," ujar Vetty.

Bagi masyarakat yang ingin mendapat bibit gratis bisa mengajukan permohonan ke BPTH.
Prosedurnya mudah. Bisa saja masyarakat langsung ataupun instansi atau lembaga dengan batasan 2000 ribu bibit per orang.

Caranya ajukan surat permohonan ke kantor BPTH yang berisi jenis bibit yang diminta dan jumlahnya dan BPTH akan memverifikasi apakah lahan sesuai dengan jumlah bibit yang diajukan juga ketersedian bibit yang ada.

Jika bibit yang diminta dari lembaga di atas 2000 bibit maka akan diantar gratis ke lokasi. Tapi jika yang meminta bibit perorangan diambil sendiri oleh pemohon.

Bibit yang sudah diminta juga harus ditanam tidak boleh untuk dijual.
 

Editor: Tarso
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved