Kerja di Kapal Pesiar Hingga Maskapai, 50 Persen Lulusan Pertama Poltekpar Palembang Langsung Kerja

Dari total mahasiswa angkatan pertama Poltekpar yang lulus, 50 persen diantaranya sudah diterima bekerja.

Sripoku.com/odi Aria
Direktur Poltekpar Palembang, Dr. Zulkifli Harahap saat Yudisium Diploma III Poltekpar Palembang Tahun Akademik 2018/2019, Selasa (6/8/2019) 

Kerja di Kapal Pesiar Hingga Maskapai, 50 Persen Lulusan Pertama Poltekpar Palembang Langsung Bekerja

Laporan wartawan sripoku.com, Odi Aria

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Sebanyak 131 orang mahasiswa menjadi lulusan pertama Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang, setelah menjalani sidang laporan akhir, 29 Juli - 2 Agustus 2019.

Direktur Poltekpar Palembang, Dr. Zulkifli Harahap, mengatakan 131 orang mahasiswa Poltekpar Palembang menjadi alumni pertama setelah menempuh pendidikan tiga tahun. Dari total mahasiswa angkatan pertama yang lulus, 50 persen diantaranya sudah diterima bekerja.

Ia menjelaskan, para alumni sudah diterima di dunia industri sebelum mereka lulus. Dimana para mahasiswa Poltekpar Palembang diterima bekerja di industri laut seperti kapal pesiar, industri darat (hotel, restoran, perbankan dan lain-lain), sementara untuk industri udara para mahasiswa diterima di maskapai terbang sebagai koki di atas pesawat.

" SDM yang kita miliki benar-benar berkompeten dan profesional di bidang perhotelan, pariwisata dan industri lainnya. Terbukti 50 persen lulusan pertama sudah diterima bekerja," ujarnya saat Yudisium Diploma III Poltekpar Palembang Tahun Akademik 2018/2019, Selasa (6/8/2019).

Ia menyebutkan, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi mencapai 3.66 Dengan Pujian oleh Rika Carolina dari Program Studi (Prodi) Tata Hidang, 3.61 Dengan Pujian oleh Irsyadul Fikri dari Prodi Seni Kuliner dan IPK 3.45 oleh Sapta Anggara dari Prodi Divisi Kamar dengan Sangat Memuaskan.

Beberapa kriteria kelulusan dibahas sebagai penentu. Dimulai dari locus, hingga hal menyeluruh tentang isi laporan akhir. Zulkifli berharap para calon wisudawan menjadi agen perubahan, dengan mewarnai pariwisata bukan hanya di daerah tapi skala global.

"Sebelum lulus saja, kampus sudah memikirkan mereka bekerja di mana. Target kita angkatan pertama ini semuanya bekerja di industri dan menjadi wirausaha dalam sektor pariwisata," ungkap Zulkifli.

Tak hanya disiapkan untuk bekerja di industri, Poltekpar Palembang juga bakal merekrut mahasiswa terbaiknya untuk disekolahkan lagi sampai S2. Setelah mereka menimba ilmu, maka para alumni ini akan direktur untuk membangun Poltekpar Palembang lebih baik lagi ke depannya.

"Kami juga akan sekolahkan lagi para mahasiswa, nanti setelah mereka kembali bisa menjadi tenaga pengajar di Poltekpar Palembang," katanya. (Oca)

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved