Berita Palembang

BMKG Sumsel Prediksi Agustus Kemarau Terkering di Sumsel, Warga Diminta Waspada

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumsel mengimbau kepada masyarakat agar waspada pada bulan Agustus 2019

BMKG Sumsel Prediksi Agustus Kemarau Terkering di Sumsel, Warga Diminta Waspada
SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA, HANDOUT
Petugas BPBD melakukan pemadaman karhutla di kawasan Tol Palindra, Senin (5/8/2019). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Odi Aria

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumsel mengimbau kepada masyarakat agar waspada pada bulan Agustus 2019. Sebab, pada bulan ini BMKG memprediksi akan menjadi kemarau terkering di Bumi Sriwijaya.

Kasi Observasi dan Informasi BMKG SMB II Palembang, Bambang Beny Setiaji mengatakan dalam kondisi kemarau terkering ini mengakibatkan lahan yang ada di Sumsel mudah terbakar. Tak hanya itu, rumah padat penduduk juga diprediksi rentan terjadi kebakaran.

"Tak hanya lahan yang mudah terbakar, tetapi juga pemukiman padat. Apalagi di Sumsel banyak rumah dari papan yang apabila kelembapan yang kering akan menjadi lebih responsif terhadap api," ujarnya, Selasa (6/8/2019).

Ia menjelaskan, bulan Agustus merupakan bulan yang kelembapan paling kering dan rata-rata curah hujan paling rendah sepanjang 30 tahun terakhir.

Dengan adanya aktifitas pembakaran lahan pada akhir-akhir ini akan berpotensi munculnya haze (kekaburan udara) tebal atau bahkan menjadi smoke (asap) yang akan mengganggu aktifitas pada pagi dan sore hari.

"Apabila beraktifitas di luar diharapkan tetap banyak meminum air untuk menghindari dehidrasi dan menggunakan masker seiring akan semakin tingginya kekeruhan udara," ungkap Bambang.

Dengan kondisi tersebut, Bambang mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan dan melakukan pembuangan sampah ke tempatnya hingga diangkut petugas hingga ke TPS tanpa melakukan pembakaran.

"Apabila ada masyarakat yang membakar sampah atau lahan, pihak terkait harus segera menegur. Apabila dibiarkan, maka akan rentan terjadi kebakaran," bebernya.

Simak Tata Cara Adzan dan Iqomah, Lengkap dengan Video Lafadz dan Terjemahannya

Makan Malam di Atas Kapal Seharga Rp 500 juta Sehari, Maia Estianty : Liburan Lengkap Itu Langka!

Lagu Young Lex Disebut Rusak Generasi Muda, Ternyata Ini Isi Lirik Lah Bodo Amat Lengkap Videoklip

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved