Informasi Haji 2019

Kabar Duka dari Kota Mekkah, Satu Lagi Jemaah Haji Sumsel Wafat

Jemaah haji asal Embarkasi Palembang atas nama Maisaro Muhammad Akib wafat setelah dirawat di rumah sakit Mekkah, Arab Saudi

Kabar Duka dari Kota Mekkah, Satu Lagi Jemaah Haji Sumsel Wafat
ist
MENUNGGU BUS --Jemaah haji pulang dan pergi ke Masjidil Haram menggunakan fasilitas bus gratis yang disiapkan pemerintah Arab Saudi 

Laporan Wartawan Sripoku.com/Muhammad Husin

SRIPOKU.COM, MEKKAH --Kabar duka dari Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi. Jemaah haji asal Palembang Kloter 17 atas nama Maisaro Muhammad Akib (57) meninggal dunia setelah sempat dirawat di Rumah Sakit An-Nur, setelah mengalami gangguan kesehatan, Jumat (2/8/2019).  Hingga berita ini diturunkan hingga pukul 01.00 Waktu Arab Saudi (WAS), Sabtu (3/8/2019) jenazah belum dimakamkan. Almarhumah tergabung di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Nur Indayu.

Berdasarkan daftar Media Center Haji (MCH) Kemenag RI, jumlah jemaah haji asal Palembang yang meninggal dunia berjumlah dua orang. Sebelumnya  jemah hasil asal Palembang atas nama Hasan Husin (75) dari Pedamaran OKI meninggal tanggal 30 Juli 2019 pukul 05.WAS atau pukul 10.00 WIB, dengan alasan sakit. Sementara, jelang pelaksanaan wukuf tanggal 9 Zulhijjah 1440 H atau 10 Agustus 2019, jumlah jemaah haji embarkasi Palembang yang masih dirawat di berbagai rumah sakit sebanyak 12 orang, dengan rincian 11 jemaah haji dirawat di rumah sakit  di Mekkan, dan satu jemaah di Madinah.

data lain dari MCH di Mekkah menyebutkan hingga tanggal 31 Juli 2019, jemaah haji yang tiba di Tanah Suci sebanyak 177.157 dari 439 Kloter dengan jumlah petugas 2.195 orang. Sementara jumlah jemaah haji yang wafat tercatat mencapai 43 orang jemaah lebih, diantaranya merupakan kelompok umur Lanjut Usia (lansia). Sementara total jemaah yang sakit dan dirawat di rumah sakit di Mekkah sebanyak 195 orang, yang tersebar dirawat d Klinik Kesehatan Haji Indonedia (KKHI)  sebanyak 87 orang dan di rumah sakit  di Mekkah sebanyak 108 orang jemaah.

Kontributor sripoku.com di Mekkah RM Syukri melaporkan, suhu udara di Mekkah terasa panas berada 45-50 derajat celsius. "Jelang pelaksanaan wukuf, jemaah diimbau untuk menjaga kesehatan dan tidak banyak melakukan kegiatan fisik," katanya. (sin)

Penulis: Husin
Editor: muhammad husin
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved