Surah Al-Fatihah Sangat Istimewa dan Mulia dalam Al Quran, Berikut Ini Keutamaan dan Fungsinya

Apa surah yang paling mulia dalam Al-Qur'an? Jawabannya, surat Al Fatihah. Keampuhan dan kemuliaan surah tersebut akan ditunjukkan pada ulasan berikut

Surah Al-Fatihah Sangat Istimewa dan Mulia dalam Al Quran, Berikut Ini Keutamaan dan Fungsinya
sripoku.com/anton
ilustrasi surat alquran/ Surah Al-Fatihah Ternyata Sangat Istimewa dan Mulia dalam Al Quran, Berikut Ini Keutamaan dan Fungsinya 

SRIPOKU.COM - Al-Fatihah adalah nama surah pertama dalam Alquran, sekaligus induk atau ibunya Al-Qur'an (Ummul Qur’an).

Selain itu, surah al-Fatihah merupakan surah yang mempunyai banyak keistimewaan.

Kenapa surat ini istimewa? Simak ulasan SRIPOKU.com berikut ini:

Al-fatihah maknanya adalah pembuka. Dinamakan demikian karena secara tertulis Al-fatihah merupakan surah pembuka Al-Qur'an dan juga karena dengan dalam surah itu dibukanya bacaan shalat. Ia diturunkan di Mekah, sesuai dengan firman Allah Swt. dan sesungguhnya Kami telah berikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang (Surah Alfatihah). (Alhijr (15):87).

Ayat tersebut mengindikasikan pula bahwa Surah Al-fatihah itu terdiri dari tujuh ayat.

Yakni dimulai dengan basmalah menjadi ayat pertama dan shiratalladzina an’amta alaihim ghairil maghdlubi alaihim waladzdallin menjadi ayat tujuh sebagai pemungkas surah.

Namun, ada pula yang menganggap basmalah bukan bagian dari surah Al-fatihah.

Hal ini berdasarkan hadis Nabi Saw. dari Ibnu Abbas, bahwasannya Nabi saw. tidak mengetahui akhir suatu surah (untuk membedakan surah yang satu dengan yang lainnya) maka turunlah bismillahirrahmanir rahim. (HR. Abu Daud, al Baihaqi, dan Hakim berkata sanad hadis ini shahih).

Oleh karena itu, jika basmalah bukan bagian dari surah Al-fatihah, maka ayat pertama dari surah Al-fatihah adalah alhamdulillahirabil alamin, dan ayat ketujuhnya adalah ghairil maghdlubi alaihim waladl dlallin. Imam al Qurthubi menyebutkan bahwa surah Al-fatihah mempunyai 12 nama. Di antaranya adalah Alshalah, Alhamdu, Ummul kitab, Ummul Quran, Almatsani, Alquran al Adhim, alruqyah, Alasas, Alwafiyah, Alkafiyah, Alsab’ul Matsani dan Alsurah.

Surah Al-fatihah
Surah Al-fatihah (fedunooralfio.mywapblog.com)

Melansir dari bincangsyariah.com surah Al-Fatihah memiliki fungsi dan keutamaan dibandingkan surah-surah yang lainnya. Diantaranya adalah:

Halaman
1234
Penulis: Tria Agustina
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved