5 Tips Menyulap Ruangan Sempit Jadi Terkesan Lebih Luas

Seringkali keterbatasan ruang menjadi tantangan pemilik rumah dalam menata interior, dan memilih jenis furnitur yang tepat.

5 Tips Menyulap Ruangan Sempit Jadi Terkesan Lebih Luas
http://properti.kompas.com/
Ilustrasi - Rumah Aksioma. 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Seringkali keterbatasan ruang menjadi tantangan pemilik rumah dalam menata interior, dan memilih jenis furnitur yang tepat.

Pada dasarnya, terdapat beberapa langkah mudah untuk membuat hunian tampil lebih luas.

Namun sebelum melangkah lebih jauh, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika mendekorasi rumah seperti ukuran furnitur, pemilihan warna, hingga fungsi perabotan.

7 Cara Siasati Ruangan Sempit

3 Trik, Akali Ruang Tamu Mungil Jadi Lebih Luas

Hunian dengan ruang terbatas tentu akan lebih cocok jika diisi dengan ragam furnitur berukuran kecil hingga sedang.

Selain itu, pilihan warna yang selaras dan pemilihan furnitur multi-fungsional dapat membantu menjadikan ruang terbatas menjadi lebih luas.

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak tips berikut ini:

1. Pemilihan warna cerah dan netral pada dinding
Warna memiliki peran penting dalam memberikan suasana pada sebuah ruangan. Pemilihan warna dinding yang cerah dan netral seperti cream atau putih merupakan cara klasik yang sangat efektif guna membuat ruangan terbatas terkesan lebih luas, segar, dan terang.

Sebaliknya, pengaplikasian cat berwarna gelap akan membuat ruangan terlihat kecil, karena sifatnya yang menyerap sumber pencahayaan. Selain itu, warna gelap pun akan membuat suasana rumah menjadi nampak suram.

2. Plafon tinggi untuk kesan lebih luas
Sebuah ruangan terdiri dari dimensi horisontal dan vertikal. Rumah dengan langit-langit yang tinggi memiliki kelebihan tersendiri, karena memiliki ruang ekstra yang dapat dipakai untuk menarik perhatian ke atas.

Tetapi apabila tidak memiliki plafon tinggi, penggunaan jenis tirai panjang hingga menyentuh lantai dapat dijadikan alternatif.

Halaman
123
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved