Berita Palembang

Kartu JKN-KIS Terbakar, Warga Kertapati Palembang Ini Bingung Mau Berobat, 'Aku Sakit Ginjal Dik'

Kartu JKN-KIS Terbakar, Warga Kertapati Palembang Ini Bingung Mau Berobat, Mardiah: Aku Sakit Ginjal Dik. Tiga kali saya duduk terkapar karena ga bisa

Kartu JKN-KIS Terbakar, Warga Kertapati Palembang Ini Bingung Mau Berobat, 'Aku Sakit Ginjal Dik'
SRIPOKU.COM/HARIS WIDODO
Mardiah, salah seorang warga korban kebakaran di Lorong Santai Kelurahan Ogan Baru, Kertapati Palembang, Kamis (11/7/2019). 

Kartu JKN-KIS Terbakar, Warga Kertapati Palembang Ini Bingung Mau Berobat, Mardiah: Aku Sakit Ginjal Dek

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Dengan raut wajah sedih dan rasa trauma pasca kejadian kebakaran kemarin, Rabu (10/7/2019), Mardiah (45) menuturkan bagaimana upayanya untuk menyelamatkan surat-surat berharga miliknya.

Ia mengaku sempat ingin masuk ke rumahnya yang terbakar namun dicegah oleh petugas dan warga sekitar.

"Tapi tak sempat lagi, dari buku nikah sampe kartu BPJS aku abis terbakar. Sekarang aku bingung kalau berobat cakmano sebab aku mesti ke rumah sakit untuk berobat sakit ginjal," ujarnya, Kamis (11/7/2019).

Kebakaran di Jalan Ki Kemas Rindo, Lorong Santai, RT 26, 28 RW 5, Kelurahan Ogan, Kecamatan Kertapati Palembang, Rabu (10/7/2019).
Kebakaran di Jalan Ki Kemas Rindo, Lorong Santai, RT 26, 28 RW 5, Kelurahan Ogan, Kecamatan Kertapati Palembang, Rabu (10/7/2019). (SRIPOKU.COM/SYAHRUL HIDAYAT)

Ibu empat orang anak itu bercerita, sakit ginjal yang ia derita sekitar setahun ini sering kali kambuh sehingga kartu BPJS Kesehatan/JKN-KIS menjadi hal yang sangat penting bagi dirinya agar memudahkan saat berobat.

"Kemarin saja tiga kali saya duduk terkapar karena ga bisa jalan, lemas seluruh badan. Untunglah, ada bidan di dekat rumah tempat biasa saya berobat membantu. Kalau mau bayar pasti besar biayanya. Alhamdulillah juga tadi dapat info JKN-KISnya akan dibantu urus secepatnya," ujarnya.

Kebakaran di Sungki Kertapati Palembang Ratusan Rumah Ludes, Sempat Terdengar Suara Ledakan 3 Kali

Kebakaran di Sungki Kertapati Palembang Masuk Bencana Nasional, Wawako Finda Surati Pemerintah Pusat

Nestapa Korban Kebakaran di Kemas Rinho Palembang:Pesta Pernikahan Putrinya Terancam Batal

Bantuan Terus Berdatangan Untuk Korban Kebakaran Sungki , 3 Posko Sudah Didirikan.

Mardiah hanyalah satu dari ratusan warga yang rumahnya menjadi korban lalapan si jago merah, di lokasi masih banyak warga yang berharap diberikan kemudahan dalam mengurus surat-surat berharga mereka yang hangus terbakar.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan, Rosyiddin Hasan saat memberikan penjelasan kepada korban kebakaran di Lorong Santai Kelurahan Ogan Baru Kerpati Palembang, terkait pengurusan surat-surat penting milik warga yang terbakar, Kamis (11/7/2019).
Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan, Rosyiddin Hasan saat memberikan penjelasan kepada korban kebakaran di Lorong Santai Kelurahan Ogan Baru Kerpati Palembang, terkait pengurusan surat-surat penting milik warga yang terbakar, Kamis (11/7/2019). (SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH)

Sementara itu, di lokasi sama, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan, Rosyiddin Hasan mengatakan, bagi warga yang menjadi korban pihaknya telah melakukan koordinasi baik ke pihak kelurahan, kecamatan, kepolisian, dan dinas pendidikan dan dinas kesehatan.

"Jadi, untuk pengurusan ijazah, SIM, BPKB, surat tanah dll akan diberikan kemudahan untuk pengurusannya. Sudah ada petugas yang disiagakan dan dibantu oleh Ketua RT untuk mengkoordinirnya. Sementara untuk JKN-KIS akan dibantu Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK)," jelasnya.

Rossyidin mengatakan, tak hanya itu tim gabungan Dinsos dan BPBD Provinsi Sumatera Selatan juga mengupayakan untuk memberikan hiburan pada warga dan anak-anak agar secara psikologis rasa trauma akibat kebakaran hilang.

"Kita buat games sama mereka, sebab kalau mereka ingat peristiwa kemarin atau kembali ke rumah mereka yang terbakar masih terus nangis. Oleh karenanya, penanganan juga dari psikis mereka," tutupnya.

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved