Ramadan 2019

7 Tips Anti Mabuk saat Mudik Naik Bus, Cukup Tidur hingga Tidur saat Perjalanan

Bus menjadi salah satu sarana transportasi umum yang banyak digunakan pemudik untuk pulang ke kampung halamannya. Namun, salah satu kendala saat naik

7 Tips Anti Mabuk saat Mudik Naik Bus, Cukup Tidur hingga Tidur saat Perjalanan
SRIPOKU.COM/ZAINI
Ilustrasi - Naik Bus 

SRIPOKU.COM - Lebaran 2019 atau Idhul Fitri 1440 H sesaat lagi tiba. Ada banyak cara yang dilakukan seseorang untuk bisa pulang kembali ke kampung halaman saat Idul Fitri.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, banyak pemudik yang menggunakan sarana transportasi umum.

Bus menjadi salah satu sarana transportasi umum yang banyak digunakan pemudik untuk pulang ke kampung halamannya. Namun, salah satu kendala saat naik bus biasanya adalah mabuk darat.

Inilah 6 Keuntungan Mudik dengan Transportasi Umum Selain Pesawat

6 Tips Ampuh Cegah Mabuk Saat Perjalanan jauh Tanpa Harus Konsumsi Obat Anti Mabuk

Buat kamu yang sering mabuk saat naik bus, nih simak tipsnya.

1. Tidur yang cukup
Cukup tidur tak hanya berlaku bari para pengemudi kendaraan. Kamu juga harus cukup tidur sebelum memulai perjalanan mudik. Hal itu salah satunya bermanfaat agar badanmu tetap segar saat perjalanan dimulai.

Ilustrasi Sedang Tidur
Ilustrasi Sedang Tidur (SRIPOKU.COM/ANTON)

Selain itu, cukup tidur juga bisa mengurangi mual dan pusing saat naik bus. Sebaliknya, kurang tidur bisa memicu pusing dan mual, bahkan saat tidak melakukan perjalanan sekalipun.

2. Wajib makan
Selain tidur cukup, bagi kamu yang sedang berpuasa hendaknya juga tidak melewatkan makan sahur. Hal itu penting karena makan sahur merupakan saat pengisian energi bagi mereka yang berpuasa agar tetap bugar sepanjang hari hingga berbuka.

Selain itu, hendaknya hindari sahur dengan makanan berlemak jika akan mudik dengan naik bus. Pemilihan menu sahur itu bermanfaat agar pencernaan tidak terlalu berat sehingga meminimalkan rasa mual.

3. Pilih tempat duduk bagian tengah, hindari sekitar roda
Supaya tak mabuk darat saat mudik naik bus, pemilihan tempat duduk penting untuk dilakukan. Kamu bisa pilih tempat duduk terbaik yaitu bagian tengah bus. Usahakan untuk sebisa mungkin memilih posisi tersebut.

Sejumlah penumpang menikmati kenyamanan menumpang bus Trans Musi yang melintas di Jalan Jenderal Sudirman Palembang, Senin (24/11/2014). Sejak satu minggu kembali beroperasi, bus Trans Musi yang kini baru melayani rute Terminal AAL-Ampera dan Terminal AAL-Sako-PIM, mulai dipadati penumpang, umumnya wanita.
Ilustrasi - Sejumlah penumpang menikmati kenyamanan menumpang bus Trans Musi yang melintas di Jalan Jenderal Sudirman Palembang, Senin (24/11/2014). (SRIPOKU.COM/SYAHRUL HIDAYAT)

Duduk di tengah membuat guncangan bus tidak tidak terlalu keras. Guncangan yang semakin minim turut meminimalkan munculnya rasa mual dan pusing.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved