Aksi 22 Mei Timbulkan Korban Jiwa, Berikut Ini Pernyataan Resmi Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh

Partai NasDem mengikuti dinamika dan perkembangan pasca Pemilu 2019 dan munculnya aksi massa di Ibu Kota dan beberapa kota lainnya

Aksi 22 Mei Timbulkan Korban Jiwa, Berikut Ini Pernyataan Resmi Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh
SRIPOKU.COM/DOKUMEN
Surya Paloh saat berorasi kampanye di BKB Palembang beberapa waktu lalu 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Partai NasDem mengikuti dinamika dan perkembangan pasca Pemilu 2019 dan munculnya aksi massa di Ibu Kota dan beberapa kota lainnya. Bhakan dalam aksi 22 Mei itu menimbulkan korban jiwa yang meninggal dunia.

Menyikapi sejumlah peristiwa tersebut, DPP Partai NasDem menyampaikan hal-hal berikut:

1. Pemilu 2019 sudah selesai dan KPU sudah mengumumkan hasil resminya. Pemilu merupakan produk demokrasi yang oleh karenanya setiap pihak harus menghormati setiap hasil dan keputusan yang ada.

Apabila ada pihak-pihak yang kurang puas terhadap hasil pemilu, bisa menempuh jalur yang telah ditentukan sesuai dengan koridor dan ketentuan yang ada.

"Pemilu adalah sarana untuk mewujudkan sarana memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara, bukan sebaliknya, membuat kemunduran kehidupan bernegara. Oleh karena itu tindakan-tindakan yang merusak dan memaksakan kehendak sesungguhnya bertentangan dengan tujuan berdemokrasi," ujar Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, dalam keterangan tertulisnya kepada media.

Media Sosial Dibatasi Pemerintah, Warganet Nekad Gunakan VPN, Hati-hati yang Gratis Bahayakan Ini

Wafat Akibat Kanker, Putranya Bagikan Kondisi Jenazah Ustaz Arifin Ilham, Wajahnya Senyum Ikhlas

Kuota Mudik Gratis Pegadaian Tinggal 50 Orang Lagi, Berikut Cara Daftar dan Rute Tujuan Mudik

2. Mengajak seluruh elemen bangsa untuk mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

Partai NasDem menghormati proses menyampaikan pendapat di muka umum sebagai salah satu hak warga negara yang dijamin oleh undang-undang.

Namun demikian proses tersebut harus senantiasa sesuai dengan koridor perundang-undangan yang berlaku. Proses penyampaian pendapat tidak boleh disertai dengan pemaksaan kehendak karena hal itu sesungguhnya telah menciderai nilai-nilai demokrasi itu sendiri.

3. Partai NasDem mendukung setiap langkah pemerintah dan alat negara dalam upaya menjaga keutuhan dari setiap tindakan yang mengancam eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia dan terhadap pemerintahan yang sah.

Partai NasDem akan selalu mendukung langkah dan upaya yang diambil oleh TNI dan Polri termasuk tindakan tegas terhadap pihak-pihak yang hendak membuat negara ini terpecah belah, jika dipandang terpaksa.

Bagi NasDem, keutuhan republik ini di atas segala-galanya, termasuk di atas simbol dan ekspresi kebebasan dalam demokrasi.

Ustaz Arifin Ilham Meninggal, Jokowi, Sandiaga Uno dan Ahok Turut Ucapkan Belasungkawa & Duka Cita

Inilah Fakta-fakta Wafatnya Ustaz Arifin Ilham, Dari Momen Nuzulul Quran Hingga Asal Suara Seraknya

Dulu Disebut Durhaka Bahkan tak Akui Ibu Kandung karena Miskin, Nasib Artis Ini Justru Jadi Begini

4. Mengimbau kepada warga masyarakat untuk tetap tenang dan beraktivitas sebagaimana biasanya.

Oleh karena itu pemerintah dan aparat keamanan harus bisa memastikan berjalannya fungsi-fungsi lembaga negara dalam pelayanan publik.

5. Memerintahkan kepada setiap kader Partai NasDem untuk tetap siaga merespon perkembangan yang ada dan secara aktif menciptakan suasana harmoni dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Artikel Ini Sudah Tayang di Surya dengan Judul Sikap Resmi Partai NasDem terkait Aksi 22 Mei 2019, http://surabaya.tribunnews.com/2019/05/23/sikapresmi-partai-nasdem-terkait-aksi-22-mei-2019

Editor: Welly Hadinata
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved