Hasil Komoditas Udang Perairan Sungsang Tembus Pasar Dunia

-Potensi hasil komoditas Udang hasil perairan Sungsang menjadi salah satu produk unggulan masyarakat pesisir perairan Kecamatan Sungsang, Kabupaten Ba

Hasil Komoditas Udang Perairan Sungsang Tembus Pasar Dunia
SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH
UKM : Kegiatan UKM pelatihan pengelolaan udang menjadi makanan, di Desa Sungsang 4, Kecamatan Sungsang, Kabupaten Banyuasin, belum lama ini. Minggu (28/4/2019). 

Laporan Wartawan Sripoku.com Alan Nopriansyah

SRIPOKU.COM, BANYUASIN--Potensi hasil komoditas Udang hasil perairan Sungsang menjadi salah satu produk unggulan masyarakat pesisir perairan Kecamatan Sungsang, Kabupaten Banyuasin telah menembus pasar dunia.

Diungkapkan, Sekretaris Dinas Perdagangan Koperasi dan usaha kecil Kabupaten Banyuasin Adam, mengatakan luasnya perairan di Indonesia menjadikan perikanan sabagai Komoditas berskala besar untuk dapat menjadi sektor unggulan dalam membuka peluang masyarakat untuk mendapatkan peluang kerja dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat lainnya.

Banyaknya tambak udang di wilayah perairan Kabupaten Banyuasin dan telah menghasilkan Udang-udang dengan kualitas Ekspor meningkatkan ekonomi pendapatan masyarakat.

"Di Desa Sungsang udangnya sudah di Ekspor ke Amerika, Jepang serta negara di benua Eropa. Ini merupakan peluang bagi masyarkat untuk dapat mengembangkan menjadi produk makanan." Ungkap Adam.

Tembusnya udang ke Pasar Dunia, disampaikannya melalui kegiatan fasilitasi pengembangan UKM dan pelatihan pengelolaan udang di Desa Sungsang 4, Kecamatan Sungsang, Kabupaten Banyuasin, belum lama ini.

Berkembanganya potensi hasil perairan pesisir, sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Banyuasin, yakni Banyuasin Prima, Pemerintah berharap masyarakat menjadikan Udang sebagai bahan untuk dibuat menjadi Produk Makanan seperti Sosis, Naget, Bakso, Bumbu Masak, Keripik, dan lainnya dan melatih masyarakat hingga sampai pengolahannya.

Dalam pemasarannya juga akan dilakukan pelatihan serta tidak menutup kemungkinan produk-produk hasil karya masyarakat Daerah yang berada di perairan Sungsang, selat Bangka ini. Akan di ekspore hingga ke berbagai Negara luar."Rencananya saat ini kita Fokuskan pemasarannya di dalam negri dulu. Kalau memang terus meningkat dan ada permintaan kita ekspore pasti." Jelasnya

Sejauh ini, dari pendataan dan pembinaan Pihak Pemerintah Kabupaten Banyuasin.Telah mencapai ribuan usaha mandiri yang di kelola masyarakat Banyuasin.

Untuk itu, dengan pemanfaatan yang tepat akan menjadikan Indonesia dan khususnya Kabupaten Banyuasin sebagai produsen dan pengekspor udang budidaya terbesar serta produk makanan dari udang yang berkwalitas terbaik nantinya.
" lebih kurang sudah ada 16 ribu usaha mandiri masyarakat, ini aset kita untuk dapat meningkatkan perekonomian rakyat."pungkas Dia

Penulis: Alan Nopriansyah
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved