Siapkan Tongkang PT Batubara Mandiri Siap Angkut Batubara Lewat Sungai

PT Batubara Mandiri (PT BM) siap melayani pengangkutan melalui jalur air. Bahkan, tak hanya batubara PT BM juga melayani angkutan jenis lain seperti p

Siapkan Tongkang PT Batubara Mandiri  Siap Angkut Batubara Lewat Sungai
SRIPOKU.COM/ CR22
Peresmian stokpile dan dermaga PT BM di Desa Muara Laway, Lahat. 

Laporan Wartawan Sripoku. Com Ehdi Amin

SRIPOKU.COM, LAHAT - Kabar baik bagi pengusaha batubara di Lahat, yang selama ini terkendala mengangkut hasil tambang terlebih setelah adanya kebijakan Gubernur Sumsel, yang melarang angkutan batubara melintas di jalan umum.

Pasalnya, PT Batubara Mandiri (PT BM) siap melayani pengangkutan melalui jalur air. Bahkan, tak hanya batubara PT BM juga melayani angkutan jenis lain seperti pasir, batu dan semen.

Presiden direktur PT BM, H Baharudin mengungkapkan pihaknya berupaya memberikan solusi khususnya bagi angkutan batubara yang saat ini dilarang melintas melalui jalur darat. Sebagai langkah awal, dua tongkang 100 feet dengan kapasitas sekitar 350 ton pihaknya siapkan.

Kapolda Sumsel: Dapil 7 DPRD Provinsi Secara Historis Rawan, Pernah Ada Keributan Saat Pilkada

Ditemukannya Surat Suara Resmi Sudah Dicoblos, Dibenarkan Ketua Panwaslu di Malaysia Yaza Azzhara

VIDEO VIRAL Penemuan Tumpukan Surat Suara Sudah Dicoblos di Selangor Malaysia

Dikatakan Baharudin, jalur yang akan dilintasi melalui aliran Sungai Lematang di Kabuaten Lahat-Muara Enim-Pali hingga ke Sungai Musi Palembang. Tak hanya itu, pihaknya juga menyiapkan stokpile dan dermaga batubara Muara Lawai.

“Ya kita harapkan ini bisa menjadi solusi bagi angkutan batubara. Batubara cukup dibawa masuk ke terminal batubara muara lawai pada malam hari, dikarenakan ada rekomendasi dari Gubernur Provinsi Sumsel,”terang H Baharudin diampingi General Manager PT Batubara Mandiri Adi Dharma, usai peresmian stokpile dan dermaga, oleh Gubernur Sumsel, H Herman Deru, Kamis (11/4).

Komitmen Kawal Pemilu 2019, Satpol PP Sumsel Bakal Buka Posko 24 Jam

3 Siswi Pengeroyok Audrey Ditetapkan Polisi Sebagai Tersangka, Fakta Baru Terungkap

Ditambahkan Manager Operasional PT BM, Ari menuturkan bahwa dari dua armada tongkang tersebut, bisa mengangkut 6 kali perharinya selama 24 jam. Dikatakanya saat ini sudah ada perusahaan yang sudah bekerja sama yakni PT Sinar Musi Jaya mengakut batubara pasir, split, koral. Lalu PT Liannex Corporotion bergerak di bidang batubara semen, logistik dan tranding komoditas.

Video Bantah Lakukan Kekerasan, Ini Sosok Pria Diduga di Balik Penganiayaan Audrey

"Sudah ada perusahaan yang menggunakan jasa angkutan tongkang. Tentu kita harapkan kedepan akan banyak perusahaan yang ikut bekerjasama, "ujarnya.

Sementara Bupati Lahat, Cik Ujang SH menyebutkan, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lahat sangat mendukung, apalagi ada rekomendasi dari Gubernur Sumsel melalui transportasi air.

“Demi kepentingan masyarakat termasuk PAD sangat mendukung dan transportasi sungai berjalan lancar, masuk ke terminal batubara muara lawai,” tukasnya.

Halaman
12
Penulis: Ehdi Amin
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved