Menteri ESDM Ignatius Jonan Resmikan Transmisi Grissik-PUSRI (GrisPus) dan Jaringan Gas Palembang

Dua Proyek Infrastruktur Gas Strategis Sumatera Selatan diresmikan oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan di lapangan Patra Jaya Palembang, Minggu (31/03/20

Menteri ESDM Ignatius Jonan Resmikan Transmisi Grissik-PUSRI (GrisPus) dan Jaringan Gas Palembang
SRIPOKU.COM/MG3
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meresmikan dua proyek infrastruktur gas di Sumsel, pipa transmisi gas open access Grissik-PUSRI (GrisPus) sekaligus jaringan gas kota (Jargas) kota Palembang di lapangan Patra Jaya Palembang, Minggu (31/03/2019). 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Jati Purwanti 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meresmikan dua proyek infrastruktur gas di Sumsel, peresmian pipa transmisi gas open access Grissik-PUSRI (GrisPus) sekaligus jaringan gas kota (Jargas) kota Palembang di lapangan Patra Jaya Palembang, Minggu (31/03/2019).

Peresmian tersebut juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Mawardi Yahya, Walikota Palembang, Harnojoyo, Kepala SKK Migas, Kepala BPH Migas, M Fanshurullah Asa, Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, Direktur Infrastruktur Migas Alimudin Baso Direktur Utama PT Pertagas Niaga, Wiko Mirgantoro.

Jual laptop ke Polisi, Subiyanto Digelandang ke Polsek Gandus Palembang

Download Lagu MP3 Rembulan Malam Evie Tamala dan Lagu-Lagu Evie Tamala Full Album Lengkap Video Klip

Jonan mengatakan, pipa transmisi gas Grissik-PUSRI dibangun Pertagas dengan panjang 176 km dan diameter 20 inchi, membentang melewati Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Banyuasin dan Kota Palembang.

Pertagas menyelesaikan pekerjaan tersebut pada akhir 2018, setelah masa konstruksi selama satu tahun lebih, sejak ground breaking Agustus 2017.

"Prioritas gas bumi itu untuk domestik. Untuk peningkatan nilai tambah dalam negeri. Itu lebih penting dan kita dorong terus," katanya

Razia Hiburan Malam, Ditresnarkoba Polda Sumsel Amankan 5 Orang Positif Narkoba

Dijelaskan Jonan, pipa trasmisi gas Grissik-PUSRI diperlukan dalam menjaga pasokan gas yang berkelanjutan untuk industri pupuk, khususnya PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (PUSRI) yang kini memiliki pabrik baru yaitu PUSRI II-B.

Selain itu, pasokan gas tersebut kedepan juga akan memenuhi kebutuhan pembangkit listrik, pengembangan KEK Tanjung Api-Api, jaringan gas rumah tangga dan industri lainnya.

"Proyek pipa gas Grissik-PUSRI penting bagi industri pupuk untuk menjaga ketahanan pangan Indonesia. Tidak hanya itu, tapi nantinya juga untuk memenuhi kebutuhan gas pembangkit listrik di Sumatera Selatan dan kawasan ekonomi setempat," tambahnya.

Launching Viral 500k, Pekerja PT Pusri Diminta Berjalan 500 Kilometer Selama Setahun

Setiap tahunnya, lanjut Jonan, pemerintah mengeluarkan APBN untuk jargas di berbagai daerah, sehingga makin banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya.

Halaman
12
Penulis: Jati Purwanti
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved