Berita Palembang

Jelang Millennial Road Safey Festival, Kawasan di Bawah Jembatan Ampera Belum Steril dari Pedagang

Sesuai instruksi surat edaran mengenai kawasan bawah Jembatan Ampera harus steril, baik dari pedagang maupun lahan parkir mulai hari ini.

Jelang Millennial Road Safey Festival, Kawasan di Bawah Jembatan Ampera Belum Steril dari Pedagang
SRIPOKU.COM/REIGAN RIANGGA
Para pedagang kawasan bawah Jembatan Ampera yang mengaku terpaksa tetap menggelar lapak dagangannya meski kawasan tersebut harus disterilkan dari pedagang dan lahan parkir. 

Laporan wartawan sripoku.com, Reigan 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG – Sesuai instruksi surat edaran mengenai kawasan bawah Jembatan Ampera harus steril, baik dari pedagang maupun lahan parkir mulai hari ini, Rabu-Sabtu (6-9/3/2019), karena bakal ada Event South Sumatera Millennial Road Safety Festival 2019.

Nyatanya, meski telah mendapat pemberitahuan sebelumnya, para pedagang ini masih tetap kekeh menggelar lapak dagangan mereka dengan alasan tidak ada lahan yang disediakan oleh pihak panitia penyelenggara dan mereka tidak ada lapak lain untuk berjualan.

Pantauan Sripoku.com, Rabu (6/3/2019) di kawasan bawah Jembatan Ampera ini baik lahan parkir maupun pedagang masih tetap ada, meski sebagian lapak pedagang sudah terlihat kosong.

Seorang pedagang buah di kawasan bawah Jembatan Ampera Palembang, Herman mengatakan, bahwa dirinya terpaksa masih menggelar lapak dagangan disini, mengingat tidak ada lahan lain untuk dijadikan tempat berdagang.

Selain itu, kata dia, pihak panitia penyelanggara juga hanya menganjurkan untuk tidak berjualan di sekitar sini (bawah Jembatan Ampera-red) dan tidak menyediakan tempat kemana pedagang akan berjualan.

“Kami mau makan apa pak kalau kami tidak berjualan? Meski telah ada himbauan sebelumnya, namun kami terpaksa tetap berdagang disini, karena lapak dagangan di Pasar 16 Ilir sudah penuh,” ungkap Herman, Rabu.

Menurut dia, event sebesar ini yang rencanya bakal dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dengan 1400 orang, seharusnya melibatkan para pedagang kecil.

4,5 Jam Mobil Yang Nyebur Di Dam Kuto Terangkat Oleh Mobil Derek Asuransi

Sambut Hari Raya Nyepi, Umat Hindu Berduyun-duyun Memadati Pura Agung Sriwijaya Palembang

Monpera Mulai Ditinggalkan Pengunjung, Padahal Simpan 300 Koleksi Perjuangan Masyarakat Sumbagsel

“Event sebesar ini seharusnya melibatkan kami para pedagang kecil, karena kemungkinan dagangan kami ludes terjual itu sangat besar, karena bakal banyak pengunjung yang hadir,” jelas dia.

Senada, Elis pedagang aksesoris handphone di kawasan Bawah Jembatan Ampera berharap pihak terkait memberikan solusi terhadap nasib pedagang kecil, mengingat penghasilan sehari-hari tidak cukup untuk menyambung hidup.

“Kami yang pedagang kecil ini hanya bisa menurut saja. Namun untuk kali kami terpaksa tetap berdagang. Karena selain tidak ada lapak lain, pendapatan kami ditempat yang baru nanti juga bakal tidak sama dengan yang disini,” ujarnya.

Sementara, Kabid Penertiban dan Penindakan Satpol PP Kota Palembang, HS Rendra mengatakan, pihaknya sudah melayangkan surat pemberitahuan dari dua hari lalu kepada para pedagang di seputaran bawah Jembatan Ampera dan Pasar 16 Ilir Palembang untuk tidak berjualan di sekitaran tempat kegiatan Event South Sumatera Millennial Road Safety Festival 2019.

“Sebenarnya tadi pagi sudah ada anggota Pol PP yang turun ke lapangan untuk menertibkan. Namun ternyata info yang didapat 2 hari sebelum pelaksanaan baru bisa disterilkan. Jadi belum kita tindak,” ungkap HS Rendra.

Terkait tempat usaha para pedagang, kata dia, pihak panitia belum bisa menyiapkan lahan untuk para pedagang, hal ini ditenggarai karena keterbatasan lahan.

“Sementara ini kita hanya menganjurkan para pedagang untuk menggelar lapaknya agar menjauh dari lokasi kegiatan,” jelasnya.(cr2)

===

Penulis: Reigan Riangga
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved