Saat Anak Berkata Jujur Sudah Lakukan Kesalahan, Orangtua Harus Jadi Pendengar yang Baik

Para anak-anak kerap menganggap jika mereka akan dimarahi oleh ayah dan ibunya ketika berkata jujur perihal kesalahan yang diperbuatnya.

Saat Anak Berkata Jujur Sudah Lakukan Kesalahan, Orangtua Harus Jadi Pendengar yang Baik
Net
Ilustrasi Anak Menangis 

Laporan wartawan Sripoku.com, Odi Aria Saputra

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Saat anak membuat kesalahan, mereka kerap kali bingung untuk mengatakan kepada orangtuanya.

Para anak-anak kerap menganggap jika mereka akan dimarahi oleh ayah dan ibunya ketika berkata jujur perihal kesalahan yang diperbuatnya.

Psikolog Pendidikan, Monalisa Sukvadewi, M.Psi., mengungkapkan jika orangtua marah kepada anaknya ketika berkata jujur atas kesalahannya merupakan tindakan yang sangat keliru.

Orang tua perlu terbuka dan berusaha menjadi pendengar yang baik saat anak mengutarakan kejujuran terhadap kesalahan yang mereka lakukan dan jangan tergesa-gesa dalam memberikan hukuman.

"Orangtua harus jadi teman curhat anak, dengarkan dulu baik-baik apa kesalahannya jangan langsung marah," ujar Monalisa, Sabtu (2/3/2019).

Ilustrasi
Ilustrasi (Kolase Sriwijaya Post/Net)

Pada usia dini, anak-anak pada dasarnya mulai menggunakan standar-standar atau nilai-nilai internal untuk mengevaluasi perilaku yang telah ditanamkan oleh orangtua dan lingkungan keluarga sejak kecil.

Mereka sudah mulai dikenalkan dengan tindakan yang boleh dan tidak boleh dilakukan, benar atau salah serta nilai-nilai kejujuran yang secara tidak langsung akan mempengaruhi perilaku mereka.

Namun terkadang anak-anak melakukan sesuatu sesuai kehendak dan tindakannya sendiri yang terkadang dinilai salah oleh orang tua atau pun orang dewasa.

"Terkadang tanpa disadari orang tua menunjukkan kemarahannya. Namun hal ini menjadi tindakan yang keliru," tegas Mona.

Halaman
12
Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved