Berita OKU Timur

Terendam & Tergerus Air, Jembatan di OKU Timur Ini Ambruk, Dinas PU Langsung Turun Tangan

Hujan deras yang terjadi beberapa hari terakhir menyebabkan sejumlah sungai meluap dan merendam perkebunan dan persawahan petani.

Terendam & Tergerus Air, Jembatan di OKU Timur Ini Ambruk, Dinas PU Langsung Turun Tangan
SRIPOKU.COM/EVAN HENDRA
Kepala Dinas PU TR Danan Rachmat beserta jajaran saat meninjau jembatan di Desa Negeriagung, Kecamatan BP Peliung yang rusak akibat terendam air. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Evan Hendra

SRIPOKU.COM, MARTAPURA -- Hujan deras yang terjadi beberapa hari terakhir menyebabkan sejumlah sungai meluap dan merendam perkebunan dan persawahan petani.

Selain itu, hujan yang turun juga menyebabkan salah satu jembatan yang ada di Desa Negeriagung, Kecamatan BP Peliung, Kabupaten OKU Timur yang nyaris putus akibat sempat terendam dan tergerus air.

Jembatan yang berlokasi di dusun V tersebut dibangun oleh LKMD sekitar tahun 2004 lalu saat ini kondisinya sangat memprihatinkan dan hampir putus akibat tergerus dan terendam air di kiri kanan jembatan.

Titisan Lionel Messi Resmi Bergabung ke Real Madrid, Ini 2 Kelebihan Yang Dimilikinya

Sebanyak 6.000 Jemaat Akan Hadiri Natal Oikumene di PSCC Palembang

Sempat Jadi Destinasi Wisata Primadona, Kini Danau OPI Sepi Pengunjung Lantaran Hal Ini

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Danan Rachmat Selasa (8/1/2019) mengaku sudah menerima laporan dan sudah melihat langsung kondisi jembatan serta melakukan penanganan sehingga kerusakan jembatan tersebut bisa diatasi dan bisa dilalui warga kembali untuk mengangkut hasil bumi.

"Pemerintah akan segera melakukan penanganan dengan membuat jembatan darurat agar aktivitas masyarakat tidak terganggu,” katanya.

Menurut Danan jembatan tersebut berfungsi sebagai jalan pintas warga dan pelajar karena ada jalan utama yang bisa dilalui warga.

Berikut Jadwal Lengkap Siaran Langsung Piala Asia 2019, Arab Saudi Bertemu Korea Utara

Kawanan Pencuri Beraksi di Kertapati, Bobol Rumah yang Penghuninya Sedang Tertidur Lelap

Pengendara Nakal dan Pembangunan Jembatan Perburuk Kemacetam Jalitim

Meski demikian pihaknya tetap melakukan perbaikan dengan membuat jembatan darurat sehingga warga tetap bisa melintas di jembatan tersebut.

Sementara Sahri warga Negeriagung mengatakan, kerusakan jembatan tersebut disebabkan luapan air sungai akibat hujan dan banjir Senin (7/1/2019) dinihari.

Namun baru diketahui Senin pagi ketika masyarakat melintas. Setelah mengetahui kerusakan jembatan tersebut, masyarakat langsung melaporkannya kepada pihak terkait dengan harapan dapat langsung diperbaiki.

"Harapan kita berharap pemerintah OKU Timur dapat memperhatikan kondisi jembatan Desa Negeriagung ini dan segera dilakukan perbaikan sehingga masyarakat tidak kesulitan untuk melintasi di jembatan tersebut," ungkapnya.

Walikota Palembang : Jangan Dirusak Mari Kita Jaga, Karena Jembatan Musi IV Ini Milik Kita Semua

Alami Demam Panas & Diduga Alergi Obat, Tubuh Pemuda di Pagaralam Melepuh hingga Meninggal Dunia

Ponpes Tahfiz Akan Dibangun di Lokasi Ini, Mari Berinfaq Yayasan Mutiara Sunnah Peduli Buka Donasi

Menurut Sahri, jembatan tersebut dibangun LKMD sekitar tahun 2003 - 2004 dengan menggunakan dana yang berasal dari swadaya masyarakat.

Kerusakan jembatan tersebut lanjutnya disebabkan karena setiap kali air pasang selalu terendam karena posisinya yang terlalu rendah.

Selain itu pembangunannya juga tidak memiliki abutmen karena konstruksi jembatan awalnya bukan untuk dilalui mobil.

"Harapan kita agar pemerintah bisa segera melakukan perbaikan jembatan tersebut," katanya.

Penulis: Evan Hendra
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved