Berita Musi Rawas

Dari 1.227 Peserta Tes Kompetensi Dasar CPNS Musirawas Hari Pertama, Yang Lulus Hanya 12

Dari jumlah peserta yang ikut seleksi menggunakan sistem Computer Assist Test (CAT) tersebut, hanya 12 orang yang lulus.

Dari 1.227 Peserta Tes Kompetensi Dasar CPNS Musirawas Hari Pertama, Yang Lulus Hanya 12
SRIPOKU.COM/AHMAD FAROZI
Sebanyak 1.227 peserta CPNS di Kabupaten Musirawas, mengikuti seleksi kompetensi dasar pada hari pertama tes, Minggu (28/10/2018). Dari peserta tes tersebut, yang lulus hanya 12 orang. Tes dijadwalkan selama tiga hari, sampai dengan Selasa (30/10/2018), dengan total jumlah peserta sebanyak 3.017. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ahmad Farozi

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - Sebanyak 3017 peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Musirawas, mengikuti seleksi kompetensi dasar di Auditorium Pemkab Musirawas. Tes kompetensi dasar ini dijadwalkan selama tiga hari, mulai Minggu (28/10/2018) sampai dengan Selasa (30/10/2018).

Pengamatan Sripoku.com, pada hari pertama seleksi kompetensi dasar, Minggu (28/10/2018), diikuti sebanyak 1.227 peserta yang dibagi dalam empat sesi.

Dari jumlah peserta yang ikut seleksi menggunakan sistem Computer Assist Test (CAT) tersebut, hanya 12 orang yang lulus.

Baca: Berita Palembang: Wanita Muda Ini Dipukul Seorang Pria Ketika Berada di Kafe Jalan Merbau Palembang

Rinciannya, pada sesi pertama, jumlah peserta yang ikut sebanyak 310 peserta dan yang lulus tiga orang. Kemudian pada sesi kedua diikuti 300 peserta dan yang lulus hanya satu orang.

Lalu pada sesi ketiga, yang ikut seleksi sebanyak 309 peserta dan yang lulus hanya tiga orang. Kemudian pada sesi keempat, jumlah peserta sebanyak 308 orang dan yang lulus hanya lima orang.

Melihat hasil seleksi kompetensi dasar hari pertama tersebut, maka jumlah total yang lulus sangat minim, jika dibandingkan dengan peserta yang ikut tes sebanyak 1.227 orang.

Baca: Berita Bisnis: Gunakan Pinjaman Tanpa Agunan di BSB Syariah, Omzet Warung Bakso Murni Mningkat

Sementara kebutuhan kuota CPNS Kabupaten Musirawas yang sudah disetujui oleh BKN sebanyak 182 formasi. Jika pada hari kedua dan ketiga jumlah peserta yang lulus masih minim, maka kuota formasi CPNS Kabupaten Musirawas sebanyak 182 itu bakal tak terpenuhi.

Kepala Seksi Mutasi Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional VII Palembang, Dwi Noviantono selaku kordinator seleksi kompetensi dasar CPNS di Kabupaten Musirawas mengatakan, pihaknya masih optimis bahwa jumlah yang lulus pada hari kedua dan ketiga pelaksanaan tes, akan lebih banyak.

Namun, jika yang lulus masih minim, maka dimungkinkan pada penerimaan CPNS yang berikutnya akan ada evaluasi, terutama pada tingkat kesulitan soal tes. Kemudian, formasi yang tak terisi karena jumlah kuota tak terpenuhi, dapat diajukan kembali jika ada penerimaan CPNS yang berikutnya.

Baca: Berita Palembang : Kepergok Beraksi Curanmor, Ismail Tantang Jatanras dan Akhirnya Keok

"Kalau koutanya tak terpenuhi ya hangus. Kita tidak ada kebijakan perangkingan, kalau tidak memenuhi pasing grade ya itu tidak lulus. Kalau evaluasi untuk pelaksanaan tes berikutnya, itu memungkinkan, itupun jika melihat kondisi yang sama seperti ini dibeberapa daerah lainnya," kata Dwi Noviantono, kepada Sripoku.com, Minggu (28/10/2018).

Dikatakan, ada tiga jenis soal dalam seleksi CPNS dengan sistem CAT, yaitu TWK, TIU dan TKP. Ketiganya harus terpenuhi pasing gradenya. Apabila dua jenis soal hasil tesnya berlebih sementara satu jenis soal ada yang kurang, maka tetap tidak lulus.

Baca: Wagub Membuka Resmi Perkemahan Satuan Karya Pramuka Se-Sumsel

"Jadi seluruh jenis soal itu harus terpenuhi pasing grade. Meski yang dua jenis hasilnya bagus tapi satu jenis itu kurang, maka tetap tidak lulus," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Musirawas Rudi Irawan mengatakan, jumlah peserta CPNS Kabupaten Musirawas sebanyak 3017 peserta. Mereka mengikuti seleksi kompetensi dasar yang dilakukan oleh BKN Regional VII Palembang, dijadwalkan selama tiga hari.

Dimana pada hari pertama seleksi, Minggu (28/10/2018), jumlah yang mengikuti seleksi sebanyak 1227 peserta. Sisanya akan mengikuti tes pada tanggal 29 dan 30 Oktober 2018, dibagi beberapa sesi.

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved