Berita Palembang

Sampah Menumpuk di Sekitaran Waduk, Kelurahan Talang Aman Sesalkan Perilaku Bandel Masyarakat

Sampah Menumpuk di Sekitaran Waduk, Kelurahan Talang Aman Sesalkan Perilaku Bandel Masyarakat

Sampah Menumpuk di Sekitaran Waduk, Kelurahan Talang Aman Sesalkan Perilaku Bandel Masyarakat
SRIPOKU.COM/REIGAN RIANGGA
Tumpukan sampah di sekitaran areal waduk Kelurahan Talang Aman. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Reigan Riangga

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Sampah Menumpuk di Sekitaran Waduk, Kelurahan Talang Aman Sesalkan Perilaku Bandel Masyarakat.

Meski telah adanya surat edaran serta banner terkait Peraturan Daerah (Perda) larangan buang sampah sembarangan, namun sikap bandel masyarakat masih saja terlihat.

Pasalnya, hingga saat ini, masih nampak masyarakat yang berani untuk membuang sampah di Lingkungan Waduk II, Kelurahan Talang Aman Kecamatan Kemuning Palembang.

Pantauan Sripoku.com, Kamis (24/10/2018) nampak jelas tumpukan sampah yang sengaja dibuang sejumlah oknum warga di lokasi Waduk II yang berada tak jauh dari Kantor Kelurahan Talang Aman Palembang.

Lurah Talang Aman, Virgiyanti S.Sos melalui Sekretaris Lurah, Meri Kusyanti mengatakan, bahwa pihaknya hingga saat ini selalu berupaya dalam mencegah masyarakat untuk membuat sampah dilokasi tersebut.

Namun demikian, sejumlah oknum masyarakat nampak masih saja membandel, lantaran nekad untuk tetap membuang sampah di lingkungan Waduk tersebut.

"Susah terkadang, kita ini sering mencegah masyarkat untuk tidak membuang sampah disana, bahkan kadang kita datangi langsung masyarakatnya, tapi masih saja ada masyarakat yang nekad saat pihak kita lengah," ungkap Meri.m, Kamis (25/10/2018).

Tumpukan sampah di sekitaran areal waduk Kelurahan Talang Aman.
Tumpukan sampah di sekitaran areal waduk Kelurahan Talang Aman. (SRIPOKU.COM/REIGAN RIANGGA)

Ditambahkannya, meski nanti diletakan sebuah bak sampah di lokasi, Meri menyakini, jika masih kurangnya kesadaran dari masyarakat itu sendiri, menurutnya sampah-sampah itu masih akan tetap bertumpuk di lokasi Waduk Talang Aman.

"Sebenarnya itu harus dari kesadaran masyarakat dulu, kalaupun nanti ada bak sampah, saya yakin belum tentu masyarakat akan membuang sampah tepat di dalam bak sampah tersebut. Bisa jadi malah ketika melihat disediakan tempat sampah, masyarakat bahkan dapat seenaknya melempar-lempar sampah sambil berjalan," jelasnya.

Untuk mengatasi sifat bandel masyarakat tersebut, Meri berharap kepada Pemerintah untuk benar-benar mengawasi dengan menurunkan petugas untuk menjaga dan memantau lokasi.

"Kita berharap Pemerintah dapat menurunkan petugas langsung supaya bisa memantau sekaligus menindak masyarakat bandel yang masih membuang sampah sembarangan. Karena itu sudah jelas ada Perdanya," kata dia.

====

Penulis: Reigan Riangga
Editor: Tresia Silviana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved