Menahan Bersin

Menahan Bersin Bisa Berakibat Kematian

Peristiwa bersin terjadi tidak pernah memilih waktu dan tempat dan bisa saja terjadi kapan dan dimana saja .

Menahan Bersin Bisa Berakibat Kematian
ist
Bersin 

Menahan Bersin Bisa Berakibat Kematian

SRIPOKU.COM -- Peristiwa yang satu tidak pernah memilih waktu dan tempat, bisa saja terjadi. Bahkan kedatangannya membuat orang lain terkejut meski oleh Rasulullah SWT tatkala medengar dan melihatnya dianjurkan berdoa setelah yang terkena membaca Alhamdulillah dengan membalas dengan bacaan "ya harmukallah".
Peristiwa itu adalah bersin yang siapa saja menimpanya.
Terkadang, kita pun tidak dapat memprediksi kapan bersin akan terjadi.
\Entah itu saat sedang makan, kumpul dengan teman atau bahkan keluarga.
Tetapi ada satu hal yang perlu Anda ingat. Jangan sekali-kali menahan bersin.

Dikutip dari laman Telegraph.co.uk yang diviralkan Riauaktual.com, para ahli mengatakan bahwa ada ancaman besar yang akan Anda alami jika menahan bersin.

Apalagi saat bersin dengan kedua lubang hidung tertutup. Jangan pernah mencobanya, hal ini bahkan bisa membunuhmu.

Dalam satu kasus, ada seorang pria yang tak disebutkan namanya mengalami pecah pada bagian tenggorokan belakang lantaran berusaha menahan bersin.

Pria berusia 34 tahun itu akhirnya dirawat di rumah sakit dan tidak bisa menelan atau berbicara, gara-gara menutup dua lubang hidungnya dengan cara dijepit saat bersin.

Hasil analisa yang dilakukan dokter menemukan bahwa udara dari paru-paru kembali masuk dan menekan otot-otot di sekitar organ itu.

"Menghentikan bersin dengan cara memblokir lubang hidung dan mulut adalah manuver berbahaya, dan harus dihindari," kata Wanding Yang, dokter dari Rumah Sakit Universitas Leicester.

"Ini dapat menyebabkan banyak komplikasi, seperti pneudomediastinum (udara terperangkap di dada antara kedua paru-paru), perforasi membran timpani (perforasi gendang telinga), dan bahkan pecahnya aneurisma serebral (pembuluh darah di otak)," tambahnya.

Dokter mengatakan kondisi pria itu mirip dengan sindrom Boerhaave di mana kerongkongan robek. Menurut ilmuwan MIT, bersin yang sangat kuat biasanya berkekuatan hingga 200 mph.

Halaman
12
Penulis: Salman Rasyidin
Editor: Salman Rasyidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved