Tiba-tiba Pusing Saat Berdiri? Bisa Jadi Itu Pertanda Penyakit Mematikan

Beberapa orang pernah merasa sangat pusing, ketika tiba-tiba bangun dari tidur atau berdiri. Selain tekanan darah rendah, sebenarnya ini

Tiba-tiba Pusing Saat Berdiri? Bisa Jadi Itu Pertanda Penyakit Mematikan
http://jogja.tribunnews.com/
Ilustrasi - Pusing. 

SRIPOKU.COM - Beberapa orang pernah merasa sangat pusing, ketika tiba-tiba bangun dari tidur atau berdiri. Selain tekanan darah rendah, sebenarnya ini adalah tanda dari penyakit mematikan.

Berita Lainnya:
Saat Terjadi Gempa, Kenapa Kita Merasa Pusing?

Menurut studi yang terbit di Neurology, Rabu (25/7/2018), ada korelasi kuat antara pusing saat tiba-tiba bangun dengan risiko demensia. Bahkan, orang dalam kategori ini juga dua kali lebih mungkin mengalami stroke di kemudian hari.

Sensasi pusing saat tiba-tiba bangun atau berdiri dikenal dengan istilah hipotensi ortostatik (OH).

"Hipotensi ortostatik telah dikaitkan dengan penyakit jantung," kata penulis utama Dr Andreea Rawlings dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health dalam sebuah pernyataan dilansir IFL Science, Senin (30/7/2018).

"Dari situ, kami penasaran apakah bentuk tekanan darah rendah ini juga berkaitan dengan masalah otak, khususnya demensia," imbuhnya.

Sejumlah lembaga Amerika termasuk Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health di Baltimore, Maryland, telah menganalisis 11.709 orang yang rata-rata berusia 54 tahun.

Semua peserta diminta untuk berbaring selama 20 menit dan mereka kemudian diminta bangun dengan gerakan halus dan cepat.

Sebelum dan sesudah peserta berdiri, tekanan darahnya diukur oleh tim peneliti.

Dari sini, ahli menemukan ada 1.068 orang yang mengembangkan demensia dan 842 orang mengalami stroke karena aliran darah ke otak tersumbat (iskemik).

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved