Berita Palembang

Arus Globalisasi tak Terbendung, RT-RW Dinilai Elemen Penting Pelestarian Nilai Kebangsaan

Anggota MPR RI unsur DPD RI Siska Marleni menyatakan RT, RW merupakan elemen penting untuk pelestarian nilai kebangsaan.

Arus Globalisasi tak Terbendung, RT-RW Dinilai Elemen Penting Pelestarian Nilai Kebangsaan
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Anggota DPD RI Dapil asal Sumsel Siska Marleni bersama Camat, Lurah, Ketua RT sosialisasi nilai kebangsaan. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Anggota MPR RI unsur DPD RI Siska Marleni menyatakan RT, RW merupakan elemen penting untuk pelestarian nilai kebangsaan.

Pernyataan Siska Marleni ini disampaikan pada kegiatan sosialisasi nilai-nilai kebangsaan bersama Camat, Lurah, Ketua RT dan Ketua RW dj Kecamatan Jakabaring Palembang.

Kegiatan dengan narasumber Dr Hj Sri Suatmiati SH MHum, Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang bertempat di Kantor Dewan Perwakilan Daerah Perwakilan Sumatera Selatan Jakabaring, Sabtu (19/5/2018).

Siska menyatakan, bahwa dewasa ini berbagai macam persoalan sosial yang ada dalam masyarakat dirasakan semakin menghambat kemajuan bangsa dan berdampak terhadap terganggunya berbagai program pembangunan.

Menurutnya, beberapa persoalan tersebut adalah lemahnya pengetahuan terhadap agama, sistem sentralisasi yang mengabaikan kepentingan daerah, kurangnya pemahaman dan penghargaan terhadap kebhinekaan atau kemajemukan, ketidakadilan bidang ekonomi.

"Jadi, seperti kurangnya keteladanan dalam sikap dan perilaku sebagai pemimpin, kurang berjalannya penegakan hukum dan kontrol sosial, implementasi otonomi daerah belum sesuai semangat konstitusi dan arus globaliasi yang semakin tak terbendung,” ungkap Senator yang menjabat Wakil Ketua Komite IV DPD RI ini.

Persoalan-persoalan semacam ini, kata Sisaka harus dikikis habis dengan salah satu bentuk sosialisasi nilai-nilai kebangsaan yang merupakan salah satu tugas konstitusional Anggota MPR RI.

Salah satu persoalan serius di tahun politik adalah perbedaan pilihan politik yang dapat menyebabkan konflik horizontal dalam masyarakat.

Atas dasar tersebut, maka tema kegiatan sosialisasi nilai kebangsaan kesempatan ini adalah menjaga persatuan dan kerukunan dalam perbedaan pilihan politik.

Senada dengan narasumber, Siska Marleni menegaskan pilihan politik merupakan hak azasi manusia yang dituangkan dalam ketentuan UUD, sehingga keinginan setiap warga negara untk menentukan pilihan politik dijamin oleh peraturan dengan sistem,

mekanisme dan kesempatan yang sama di hadapan hukum serta pilihan politik seseorang yang beragam tetap menjamin kesatuan dan kerukunan warganegara dalam negara.

“Tetap jaga persatuan dan kerukunan, jadilah pemilih cerdas,” pungkas Senator yang juga telah mencalonkan diri sebagai Anggota DPD RI periode 2019-2024 ini.

Kegiatan ini sangat antusias diikuti para RT dan RW yang menurutnya kali pertama bertatap muka dengan anggota MPR RI dari unsur Dewan Perwakilan Daerah. 

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Reigan Riangga
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved