Pengumuman Kelulusan 3 Mei, Disdik Intruksikan Hal Ini kepada Sekolah

Setelah melewati USBN dan UN beberapa waktu lalu, kini siswa kelas XII untuk SMA sederajat tengah menanti pengumuman kelulusan.

Pengumuman Kelulusan 3 Mei, Disdik Intruksikan Hal Ini kepada Sekolah
istimewa
Ilustrasi 

Laporan wartawan Sripoku.com, Yuliani

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Setelah melewati USBN dan UN beberapa waktu lalu, kini siswa kelas XII SMA sederajat tengah menanti pengumuman kelulusan.

Mengacu Permendikbud Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah, hasil UN kini tidak lagi menjadi syarat mutlak dari kelulusan untuk tingkat SD, SMP maupun SMA.

Sebagaimana diketahui, besok Rabu (2/5/2018) Kemendikbud baru akan melakukan rilis terkait pengumuman kelulusan ini. Maka itu secara serentak seluruh Indonesia akan diumumkan pada tanggal 3 Mei.

"Hari Kamis nanti akan diumumkan lewat sekolah masing-masing. Karena sekolah sudah kita beri kebebasan, tapi dengan catatan berlangsung tertib," ujar kabid SMA Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel, Bonny Safrian, Selasa (1/5/2018).

Kendati UN bukan lagi menjadi satu-satunya penentu, namun banyak indikator yang ditetapkan sekolah sebagai syarat lulus atau tidaknya siswa bersangkutan.

Baca:

Sampai Singgung Soal Keyakinan, Kisah Alan Kepincut Adelia Teman Mobile Legendsnya, Berakhir Pahit

Selain Anak Yatim Piatu, Ini 7 Fakta di Balik Viralnya Video Bocah yang Dihukum Mandi Oli Bekas

"Sekolah sudah pasti punya kriteria dan persyaratan agar peserta didiknya bisa lulus. Seperti mengikuti serangkaian ujian, berprilaku baik dan urusan administrasi juga beres," jelasnya.

Pihaknya juga dengan tegas melarang siswa untuk merayakan kelulusan dengan coret baju seragam dan konvoi liar ke jalan.

Maka itu sekolah bisa melakukan pengumuman lewat website atau ditempelkan langsung ke pengumuman sekolah.

"Kalau sampai terjadi aksi coret maupun kovoi liar, silahkan sekolah bersangkutan yang menertibkan. Kami juga sudah menyerahkan kepada aparat berwajib jika memang ada aksi konvoi liar untuk ditertibkan," tegasnya. (*)

Penulis: Yuliani
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved