Jembatan Gantung Situ Gunung, Jembatan Gantung Terpanjang di Sukabumi

Jembatan gantung di atas tajuk pepohonan (canopy trail) hutan tropis yang digadang-gadang terpanjang di Indonesia terdapat di Sukabumi, Jawa Barat.

Jembatan Gantung Situ Gunung, Jembatan Gantung Terpanjang di Sukabumi
Trip Jalan Jalan
Jembatan Gantung Situ Gunung di Sukabumi, Jawa Barat. 

SRIPOKU.COM , SUKABUMI - Jembatan gantung di atas tajuk pepohonan (canopy trail) hutan tropis yang digadang-gadang terpanjang di Indonesia terdapat di Sukabumi, Jawa Barat.

Tepatnya di dalam kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Resort Situgunung, Desa Gede Pangrango, Kecamatan Kadudampit.

Berita Lainnya:  Jembatan Gantung Tanjung - Berugo di Muaraenim Diresmikan, Siswa Tak Bertaruh Nyawa Lagi ke Sekolah

Jembatan berkontruksi besi dan tapakan kayu itu dibangun sepanjang 240 meter dengan lebar 2 meter. Serta ketinggian dari permukaan tanah paling tinggi sekitar 146 meter.

Namun, hingga saat ini jembatan yang sudah dibangun sejak Mei 2017 belum bisa dioperasikan. Meskipun jembatan tersebut telah selesai pengerjaannya.

"Memang belum dioperasikan, belum selesai seluruhnya," kata Kepala Bidang TNGGP Wilayah Sukabumi, Syahrial Anuar kepada wartawan seusai sosialisasi publik pengembangan wisata alam TNGGP Resort Situgunung di Wisma Panineungan, Cisaat, Sukabumi, Kamis (22/3/2018).

Menurut dia, sebelum dioperasikan, jembatan gantung di atas tajuk pepohonan tersebut semuanya harus memenuhi standar, dan akan diuji oleh lembaga sertifikasi.

"Akan dicek kekuatannya, termasuk untuk jumlah pengunjung setiap kali masuk atau melintas jembatan," ujar dia.

"Kita siapkan dulu lebih baik. Aturannya dan prosedurnya harus jelas dulu baru kita buka. Setelah safety baru dibuka, selagi belum siap belum dibuka," sambungnya.

Konsultan PT Fontis Aqua Vivam Luis menjelaskan, pembangunan jembatan gantung sudah selesai. Namun masih menunggu selesainya pembangunan beberapa fasilitas yang dipersyaratkan.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved