Antisipasi Lebih Dini Karhutbunla, BPBD Siapkan Posko di 9 Kabupaten/Kota di Sumsel

Guna menyambut Asian Games pada Bulan Agustus mendatang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama dinas

Antisipasi Lebih Dini Karhutbunla, BPBD Siapkan Posko di 9 Kabupaten/Kota di Sumsel
Sripoku.com/Rangga Efrizal
Kepala BPBD menunjukan wiayah rawan Karhutbunla sehingga nantinya dapat diantisipasi lebih dini, Rabu (21/3/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rangga Erfizal

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Guna menyambut Asian Games pada Bulan Agustus mendatang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama dinas terkait melakukan pertemuan untuk membahas kesiapan mengantisipasi munculnya titik Hotspot di berbagai wilayah Sumatera Selatan, Rabu (21/3/2018).

Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan (Karhutbunla) menjadi fokus setiap dinas terkait, terutama pada musim kemarau nanti yang akan dimulai pada bulan Mei mendatang.

Hal ini dilakukan, lantaran Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dianggap menjadi salah satu daerah titik rawan terjadinya kebakaran.

Kepala BPBD Sumsel, Iriansyah saat ditemui di Kantor BPBD mengaku, saat ini Sumsel menyiapkan posko yang tersebar di Sembilan Kabupaten/kota yang dianggap rawan Karhutbunla.

Baca: Antisipasi Makanan Kadaluarsa Beredar Dipasaran, BPOM Lakukan Pengawasan Pangan

Ia mengungkapkan, sembilan Kabupaten/Kota yang rawan Karhutbunla antara lain Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Ilir (OI), Musi Banyuasin (Muba), Banyuasin, Muaraenim, Musi Rawas, Musi Rawas Utara (Muratara), Pali, dan Ogan Komering Ulu (OKU).

“Ya, Sembilan daerah itu merupakan titik rawan Karhutbunla di Sumsel,” ujar Iriansyah usai Rapat Koordinasi Persiapan Posko Karhutbunla Provinsi Sumsel Tahun 2018 di Kantor BPBD Palembang.

Iriansyah mengaku, untuk posko nantinya akan disediakan langsung oleh perusahaan kehutanan dan perkebunan yang ada di setiap wilayah untuk mencegah lebih dini Karhutbunla.

“Jadi, setiap perusahaan wajib menyediakan posko yang juga dilengkapi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terdiri dari 10 sampai 15 orang.

Halaman
12
Penulis: Rangga Erfizal
Editor: Reigan Riangga
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved