Lebaran 2017

Hingga H+7, Truk Masih Dilarang Lewat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, meminta operasional truk pengangkut barang galian atau tambang, dan sumbu tiga atau lebih, ditunda hi

Hingga H+7, Truk Masih Dilarang Lewat
http://bisniskeuangan.kompas.com/Kristianto Purnomo
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM , Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, meminta operasional truk pengangkut barang galian atau tambang, dan sumbu tiga atau lebih, ditunda hingga H+7 (3/7/2017). Langkah ini merupakan upaya untuk mencegah terjadinya kemacetan akibat perlambatan laju di ruas tol saat arus balik.

Berita Lainnya:
Sepi Saat Lebaran, Inilah 8 Kelakuan Tak Terduga Orang-orang di Jalanan Jakarta

Menurut Menhub, hingga H+3 arus mudik masih terpantau normal, kemungkinan potensi puncak akan terjadi di akhir pekan ini, yakni pada Sabtu dan Minggu (1-2/7/2017). Sebelumnya, larangan truk dijadwalkan akan berakhir pada Kamis (29/62017) dan mulai beroperasi di hari Jumat (30/6/2017).

"Kami imbau pengusaha truk untuk menunda dulu operasi sampai hari Senin (3/7/2017). Kalau tidak bisa dan memang harus beroperasi pada hari itu (30/6/2017), kami telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan mereka berwenang memberhentikan sementara truk-truk tersebut jika kondisi sangat padat," ujar Menhub dalam keterangan resminya, Kamis (29/6/2017).

Menhub juga memprediksi arus balik akan lebih lancar dibanding saat mudik. Hal ini dikarenakan pola jalan yang lebih lebar. "Ibarat tutup botol, waktu arus mudik dimulai dari jalan yang lebar ke lebih sempit, saat ini sebaliknya," ucap Menhub.

Terkait masalah penundaan operasioanl truk, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto, juga sudah melanjutkan dengan mengeluarkan surat edaran dan berdialog kepada pengusaha angkutan barang.

"Kami sudah berdiskusi dengan instansi terkait. Untuk prosesnya Polri dan Korlantas akan memiliki kemewangan diskresi terhadap giat truk agar tidak terjadi kepadatan. Bisa dengan pengalihan atau rekayasa lain," kata Pudji.

Penulis: Stanly Ravel

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs http://otomotif.kompas.com/ dengan Judul:
Truk Masih Dilarang Lewat Hingga H+7

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved