Pertamina Tambah Stok BBM Hingga Dua Kali Lipat

Pertamina menyiapkan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) hingga seratus persen atau dua kali lipat, untuk melayani pemudik selama dua pekan musim mudik.

Pertamina Tambah Stok BBM Hingga Dua Kali Lipat
SRIPOKU.COM/BERI SUPRIYADI
Petugas SPBU tengah mengisi bahan bakar umum kendaraan pemudik yang melintasi jalan raya Palembang-Inderalaya hendak menuju ke Palembang. 

SRIPOKU.COM, INDERALAYA -- Menyambut arus mudik Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah tahun ini, Pertamina menyiapkan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) hingga seratus persen atau dua kali lipat, untuk melayani pemudik selama dua pekan musim mudik, terhitung mulai H-6 hingga H+7 Lebaran.

Seperti di SPBU 2430633 di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) kilometer 24 ruas Palembang-Inderalaya, pengelola menyiapkan stok BBM jenis Premium, Pertalite, Pertamax, Solar dan Dexlite dengan kapasitas di luar hari biasa.

Menurut Sales Executive Retale SPBU 2430633, Galih Pradipto, SPBU di Jalinsum ini siap melayani pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) dan juga siap menampung pemudik yang ingin melepas penat selama perjalanan.

"Untuk pelayanan pengisian BBM selama musim mudik kali ini, stok BBM disiapkan hingga dua kali lipat atau penambahan hingga 100 persen," ujarnya, Kamis (22/6).

Dilanjutkannya, jika hari biasa rata-rata menghabiskan 8000 liter, selama arus mudik pasokan ditambah sebanyak kurang lebih 16 ribu liter.

Stok tersebut menurutnya dapat ditambah, disesuaikan dengan permintaan selama musim mudik. Setelah itu, stok kembali normal seiring berakhirnya musim mudik.

Pantauan di lapangan, kendaraan yang mengisi bahan bakar di SPBU ini didominasi kendaraan pribadi, minibus dan angkutan umum. Sedangkan truk sudah mulai berkurang sejak dua hari terakhir.

Menurut pengelola SPBU, kendaraan yang mengisi bahan bakar kebanyakan berasal dari Inderalaya menuju Palembang.

"Adapun antrian kendaraan yang mengisi bahan bakar sering terjadi di malam hari, namun antrian tidak sampai mengular hingga ke badan jalan. Sedangkan pagi maupun siang hari, kendaraan relatif lengang," papar Galih.

Dirinya pun mengimbau para pemudik yang melewati Jalinsum kilometer 24 ruas Palembang-Inderalaya, tidak perlu khawatir karena SPBU tersebut selain stok memadai, juga dibuka 24 jam.

"Para petugas disiapkan untuk melayani pengisian bahan bakar. Mereka dibagi 3 shift jam kerja untuk pelayanan 24 jam nonstop, termasuk ketika salat ied saat hari Lebaran, SPBU ini tetap dibuka," jelasnya.

Bagi pemudik yang ingin beristirahat melepas lelah selama perjalanan, SPBU ini menyiapkan berbagai fasilitas seperti musholla, toilet, minimarket, dan kantin.

Pemudik juga tidak dibatasi waktu selama beristirahat, mereka dipersilakan melepas lelah di tempat yang telah disediakan yakni musholla.

"Namun masyarakat juga diimbau untuk menjaga atau tidak merusak fasilitas SPBU seperti taman, menjaga kebersihan toilet, musholla demi kenyamanan pemudik lain yang ingin beristirahat," kata Galih.

Penulis: Beri Supriyadi
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved