Breaking News:

PTBA Kerjasama dengan ITB Ada Keuntungannya

Untuk mencari potensi bisnis dan inovasi dibidang batubara, PT Bukit Asam (Persero) Tbk atau PTBA melakukan kerjasama riset

Penulis: Ardani Zuhri | Editor: Tarso
PTBA Kerjasama dengan ITB  Ada Keuntungannya
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
PTBA diwakili Dirut PTBA Arviyan Arifin melakukan kerjasama riset dan pengembangan dibidang energi dan industri dengan ITB yang diwakili oleh Rektor Prof Dr Ir Kadarsah Suryadi DEA. di gedung Rektorat ITB, Selasa (23/5).

SRIPOKU.COM, MUARAENIM -- Untuk mencari potensi bisnis dan inovasi dibidang batubara, PT Bukit Asam (Persero) Tbk atau PTBA melakukan kerjasama riset dan pengembangan di bidang energi dan industri dengan Institut Tekhnologi Bandung (ITB).

"Kemarin, kita sudah melakukan MoU dengan ITB, pihak PTBA diwakili Dirut Arviyan Arifin dari ITB oleh Rektornya Prof Dr Ir Kadarsah Suryadi DEA di gedung Rektorat ITB," ujar Sekper PTBA Adib Ubaidillah, Rabu (24/5/2017).

Menurut Adib, penandatangan Nota Kesepahaman tersebut, salah satu upaya untuk mendukung visi PTBA menjadi “Perusahaan‎ Energi Kelas Dunia Yang Peduli Lingkungan”.

Dalam kerjasama itu, PTBA bersama ITB, akan bersama-sama melakukan kajian dan riset pengembangan di bidang energi dan industri untuk mengolah batubara menjadi beberapa produk derivatifnya, meliputi riset gasifikasi batubara dan riset gasifikasi biomassa untuk menghasilkan sintesis gas (CO dan H2) untuk memproduksi methanol dan produk turunan batubara di antaranya Dimethyl Ether (DME) sejenis bahan bakar sebagai pengganti LPG, Olefin, Amoniak dan Urea.

Selain melaksanakan kerjasama pada bidang riset gasifikasi batubara kalori rendah dan gasifikasi biomassa, kerjasama ini juga meliputi riset pembuatan karbon komposit dari bahan biomassa, riset pembuatan fuel cell, riset pembuatan solar cell, dan kerjasama dalam bidang pendidikan.

Dari kerjasama ini, PTBA berharap ITB mampu untuk memperkaya ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang pemanfaatan batubara untuk menghasilkan berbagai produk derivarifnya.

Selain itu, PTBA juga berharap melalui kerjasama ini, PTBA dapat meningkatkan potensi bisnis dari hasil riset yang dijalankan bersama dengan ITB, sebagai dari strategi pengembangan bisnis “Beyond Coal”.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved