Ini Nama-nama Pintu Neraka

Pintu-pintu neraka yang disebutkan di dalam kitab suci Al-Quran adalah sebagai berikut :

Ini Nama-nama Pintu Neraka
ist
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM -- Neraka itu memilik- tujuh buah pintu. Setiap pintunya (tingkat) akan dihuni oleh golongan tertentu sesuai jenis dosa yang dilakukannya. Pintu-pintu neraka yang disebutkan di dalam kitab suci Al-Quran adalah sebagai berikut :

1.       Hawiyah

Neraka Hawiyah diperuntukkan bagi mereka yang timbangan amalnya sangat ringan. Selama hidup di dunia, mereka mengerjakan kebaikan bercampur keburukan. Orang Muslim laki-laki dan perempuan yang tindak tanduknya tidak sesuai dengan ajaran agama Islam, seperti mencari rezeki dengan cara tidak halal, memakan riba dan dosa-dosa kecil lainnya.

2.       Jahim

Neraka Jahim diperuntukkan untuk orang-orang musyrik atau orang yangmenyekutukan Allah SWT. Mereka akan disiksa bersama dengan sesembahannya. Dalam ajaran Islam, syirik adalah dosa paling besar. Allah akan mengampuni dosa apa pun selain syirik.

3.       Saqar

Neraka Saqar diperuntukkan bagi orang-orang munafik, yaitu orang yang mendustakan perintah Allah dan Rasul, namun, di depan publik mereka mengakui Islam dan mencintai Allah dan Rasul-Nya. Mereka mengetahui bahwasanya Allah menentukan hukum Islam melalui lisan Muhammad, tetapi mereka meremehkan syariah Islam.

Dengan kemunafikan ini, mereka mengambil keuntungan pribadi. Karena itulah, dampak buruk kemunafikan sangatlah besar. Lebih besar daripada dampak sosial orang yang nyata-nyata musyrik.

4.       Lazha

Neraka Lazha disediakan untuk orang yang suka mengumpulkan harta, serakah dan menghina orang miskin. Bagi mereka yang tidak mau bersedekah, membayar zakat, atau bahkan memasang muka masam apabila ada orang miskin datang meminta bantuan. Sifat tamak dan cinta duniawi adalah salah satu penyebab seseorang masuk neraka Lazha.

Halaman
12
Penulis: Aminudin
Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved