Breaking News:

Internet 5G Buat Apa?

Setiap awal tahun, tepatnya di akhir Februari hingga awal Maret, pandangan masyarakat dunia biasanya selalu terarah ke kota Barcelona, Spanyol.

Editor: Bedjo
TechDaring
Internet 5G. 

SRIPOKU.COM, Barcelona - Setiap awal tahun, tepatnya di akhir Februari hingga awal Maret, pandangan masyarakat dunia biasanya selalu terarah ke kota Barcelona, Spanyol.

Berita Lainnya:  Internet 5G, Robot Bisa Dikendalikan dari Jarak Jauh

Pada masa tersebut, GSM Association, lembaga yang merepresentasikan operator mobile di seluruh dunia, secara rutin selalu menggelar ajang pameran teknologi Mobile World Congress (MWC).

Di ajang ini, semua vendor besar di dunia teknologi mobile berkumpul. Acara ini dianggap menarik karena vendor smartphone biasanya memanfaatkan momen tersebut untuk memperkenalkan secara resmi smartphone andalan atau flagship terbarunya.

Meski menjadi mayoritas perhatian, gadget di ajang MWC sebenarnya bukanlah segalanya. Di ajang MWC, biasanya masyarakat dunia bisa melihat akan seperti apa dan ke arah mana teknologi jaringan berkembang.

Bagaimana dengan ajang MWC di tahun 2017 ini? Apa yang menjadi bahasan utama dari ajang tersebut? Menurut pengamatan jurnalis Kompas.com, Deliusno yang berada langsung di tempat acara, tahun ini para vendor berlomba-lomba untuk memperkenalkan teknologi seluler internet super kencang generasi baru, 5G.

Seperti namanya, 5G merupakan jaringan mobile atau nirkabel generasi kelima. Ia merupakan penerus dari 4G, yang belum terlalu lama ini digelar di Indonesia.

Para pengembang dan pembuat standarisasi berharap agar kecepatan internet yang bisa dihasilkan oleh 5G mencapai 5 Gbps. Kecepatan internet terkecang yang bisa dihasilkan oleh 4G saat ini mencapai 1 Gbps.

Di Indonesia sendiri, menurut survei OpenSignal pada akhir 2016 lalu, kecepatan download sinyal 4G mencapai 8,79 Mbps.

Buat apa internet kencang-kencang?

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved