Ini Bahayanya Tidur Sambil Dengar Musik Pakai Earphone

menggunakan earphone dengan intensitas yang tinggi dapat merusak pendengaran seseorang akibat bising.

Ini Bahayanya Tidur Sambil Dengar Musik Pakai Earphone
Blisstree
Menggunakan earphones saat tidur sangat membahayakan. 

SRIPOKU.COM - Asyiknya mendengar musik atau menikmati tontonan menggunakan earphone berjam-jam, bahkan terkadang sampai ketiduran, kini menjadi kebiasaan sebagian orang.

Sebagian orang merasa nyaman dan mengaku tidak ada yang salah dengan kebiasaan tersebut. Alasannya, mendengarkan musik dengan earphone adalah cara jitu mengusir kejenuhan. Padahal kebiasaan ini ternyata berdampak pada kesehatan.

Menurut Staf Departemen Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT) Bedah Kepala Leher RSCM-FKUI dr. Harim Priyono SpTHT-KL(K), menggunakan earphone dengan intensitas yang tinggi dapat merusak pendengaran seseorang akibat bising.

"Alat seperti itu (earphone) memompa energi suara besar pada sistem pendengaran kita. Sangat disayangkan, orang-orang mendengarkan earphone saat tidur. Kalau berlebihan menggunakan earphone, bisa menurunkan fungsi pendengaran," kata dr. Harim saat ditemui di RSCM Kencana, kawasan Salemba, Jakarta Pusat.

Saat tertidur, faktanya  telinga semakin tertekan karena menerima gelombang suara yang besar dari earphone tersebut. Apalagi kondisi rumah siput atau koklea yang cukup sensitif terhadap gelombang suara.

 “Saat mendengarkan lagu semalaman hingga tertidur, sebenarnya saat itu telinga sudah tidak lagi mendengarkan,” imbuhnya.    

Selain tidak dianjurkan mendengarkan musik dengan earphone semalaman, volume musik juga harus diperhatikan. Volume terlalu keras juga dapat membahayakan fungsi pendengaran.

Bila cermat, saat memutar musik menggunakan earphone, gadget  akan memberikan peringatan batas volume maksimal. Ada baiknya, pengguna earphone memperhatikan peringatan tersebut.

 “Kalau kita perhatikan jika kita mendengarkan musik pakai earphone, di layar gadget  muncul warning volume maksimal. Itu harus benar-benar diperhatikan,” katanya lagi.

Perlu diwaspadai bila pendengaran rusak dengan cara demikian, koklea atau bagian telinga terdalam yang bertugas mengirim pesan ke syaraf dan otak tidak bisa menjalankan perannya secara maksimal.

Parahnya, pada kondisi seperti ini telinga tidak dapat diperbaiki melalui proses operasi. Namun bisa diatasi dengan metode implan koklea atau implan rumah siput.

 “Gangguan pendengaran ini tidak bisa diperbaiki dengan operasi, tapi bisa dipasang implan koklea," tambahnya.

Jadi, kalau sudah mengantuk, segera lepaskan earphone dan tidur nyenyak saja!

Menda Clara Florencia

Editor: Budi Darmawan
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved