Ini Untungnya Pakai Busi Iridium

Pada sistem pengapian dalam mesin kita mengenal istilah busi iridium. Busi jenis ini dikenal mahal harga satuannya tetapi keuntungannya lebih awet dig

Ini Untungnya Pakai Busi Iridium
www.pumaspeed.co.uk
Busi Iridium. 

SRIPOKU.COM , Jakarta – Pada sistem pengapian dalam mesin kita mengenal istilah busi iridium. Busi jenis ini dikenal mahal harga satuannya tetapi keuntungannya lebih awet digunakan, namun sebenarnya apa sih yang membedakannya dari busi jenis lain?

Berita Lainnya: Busi Iridium Bisa Tempuh Jarak 100 Km

Busi iridium adalah busi dengan ujung inti elektroda (bagian yang memercik api) berbahan iridium alloy. Sejak akhir abad ke-20 Iridium digunakan dalam bentuk alloy (metal campuran) sebagai bagian konstruksi busi.

Kombinasi iridium alloy menghasilkan konduksi lebih baik dan materialnya tahan dalam kondisi ekstrem dengan titik meleleh sampai 2.500 °C. Alasan ini yang membuat ujung inti elektroda dapat dibuat sangat kecil, ukurannya bisa mencapai 0,4 mm yang dianggap terkecil di dunia.

Bentuk ujung inti elektroda yang meruncing membuat percikan api fokus pada satu titik dan stabil serta mengurangi tegangan listrik (voltage) yang dibutuhkan untuk mencapai jarak percikan.

Kelebihan memakai busi iridium yaitu mengurangi beban sistem nyala mesin karena tegangan listriknya kecil dan percikan api yang fokus menghasilkan posisi bakar yang pas serta tepat waktu untuk proses pembakaran di dalam mesin.

Menurut sparkplugs.co.uk, keuntungannya yakni meningkatkan respons pedal gas, meninggikan tingkat efisiensi bahan bakar, lebih awet sampai 10 kali lipat dari busi konvensional, mengangkat tenaga mesin 1 – 3 persen, dan mengurangi emisi.

Penulis : Febri Ardani Saragih

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved