Breaking News:

Siswa SMAN 1 Muara Belida Numpang Belajar di Kantor Kades

Dan biasanya mereka ngekos untuk menghemat biaya dan waktu sehingga menambah tinggi biaya untuk sekolah.

Penulis: Ardani Zuhri | Editor: Darwin Sepriansyah
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Tampak para siswa-siswi baru SMAN 1 Muara Belida, dengan seadanya mulai melakukan proses belajar mengajar dengan menumpang di Kantor Kades Harapan Mulia, Kabupaten Muaraenim, Sabtu (5/8/2016). 

SRIPOKU.COM, MUARAENIM --- Karena belum mempunyai gedung sekolah sendiri, puluhan siswa baru SMAN 1 Muara Belida, Kabupaten Muaraenim, terpaksa belajar menumpang di Kantor Kades Harapan Mulia, Kecamatan Muara Belida, Kabupaten Muaraenim, Sabtu (6/8/2016).

Menurut Kades Harapan Mulia, Meri Irawan SSos, Minggu (7/8/2016) sejak tahun ajaran 2016/2017, atas aspirasi masyarakat Kecamatan Muara Belida, akhirnya Pemkab Muaraenim mendirikan SMAN 1 Muara Belida di Desa Harapan Mulia, Kecamatan Muara Belida.

Sebab selama ini, jika anak-anak sekolah di Kecamatan Muara Belida ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi terpaksa harus bersekolah ke Kecamatan Gelumbang atau ke Palembang.

Dan biasanya mereka ngekos untuk menghemat biaya dan waktu sehingga menambah tinggi biaya untuk sekolah.

Selain itu juga, memang cukup besar alumni SLTP/ MTS yang ingin melanjutkan ke tingkat SLTA baik dari wilayah Kecamatan Muara Belida maupun di luar seperti di desa-desa yang letaknya di perbatasan dengan Kabupaten Muba.

"Seperti daerah Semuntul, Muba, itu hanya menyeberang Sungai saja kalau sekolah ke SMAN Muara Belida. Kalau mereka sekolah ke Palembang atau Sekayu itu jauh," ujar Meri.

Saat ini, kata Meri, pihaknya telah menghibahkan lahan sekitar 1,5 hektar untuk pembangunan gedung SMAN 1 Muara Belida.

Dan ia berharap, pihak terkait untuk secepatnya merealisasikan pembangunan gedung sekolah tersebut minimal tiga lokal dahulu pada ABT APBD Muaraenim atau APBD Provinsi pada tahun 2016 ini, sebab saat ini sedikitnya sudah ada 30 siswa-siswi yang telah bersekolah.

Karena belum adanya gedung sendiri, pihaknya memberikan solusi dengan meminjamkan kantor Desa untuk dipergunakan untuk proses belajar dan mengajar sampai dibangunkan gedung baru yang permanent dan proporsional.

Sementara menurut salah seorang anggota DPRD Muaraenim, Ali Hanafiah dari Dapil III Muaraenim, pihaknya sangat mendukung dan mengucapkan selamat atas berdiri dan telah beroperasinya SMAN 1 Muara Belida.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved