Tanya Jawab Puasa

Tata Cara Membayar Fidyah

Bagi orang yang sudah usia lanjut dan tidak sanggup lagi berpuasa apakah boleh berpuasa? Apakah fidyah boleh diberikan kepada anak yang masih dalam ta

Tata Cara Membayar Fidyah
www.rahmanbashri.com
Membayar Fidyah.

TANYA
SRIPOKU.COM - Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bagi orang yang sudah usia lanjut dan tidak sanggup lagi berpuasa apakah boleh berpuasa? Apakah fidyah boleh diberikan kepada anak yang masih dalam tanggungan atau anak yang tidak dalam tanggungan?
Fulan di Palembang.

Berita Lainnya: Qodho dan Fidyah

JAWAB
Wa'alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh. Bagi orang yang sudah memasuki usia lanjut, yang mereka sudah tidak sanggup lagi berpuasa, maka kelompok ini disebut dalam ayat dengan wa ala alazina yutiku nahu fidyatun ta'amu miskin. Mereka boleh tidak berpuasa, tetapi harus membayar fidyah. Ukuran fidyah adalah setengah sho' kurma, gandum, atau beras sebagaimana yang biasa dimakan oleh keluarganya. Sedangkan ukuran satu sho' adalah sekitar 2,5 atau 3 kg. Jika kita ambil satu sho' adalah 3 kg (untuk kehati-hatian) berarti ukuran fidyah adalah sekitar 1,5 kg. Cara pembayarannya adalah: Pertama, memberi makanan pokok kepada orang miskin.

Misal, memiliki utang puasa selama tujuh hari. Maka caranya adalah tujuh orang miskin masing-masing diberi 1,5 kg beras. Atau cara yang kedua, membuat suatu hidangan makanan seukuran fidyah yang menjadi tanggungannya. Setelah itu orang-orang miskin diundang dan diberi makan hingga kenyang. Misal memiliki 10 hari utang puasa. Maka caranya adalah sepuluh orang miskin diundang dan diberi makanan hingga kenyang. Bahkan lebih bagus lagi jika ditambahkan lauk-pauknya. Waktu pembayaran fidyah yaitu seseorang dapat membayar fidyah dengan cara diakhirkan sampai hari terakhir bulan Ramadan, sebagaimana dilakukan oleh sahabat Anas bin Malik ketika beliau telah tua.

Yang menerima fidyah adalah orang-orang miskin. Fidyah bisa pula diberikan kepada karib kerabatnya yang miskin selama nafkah mereka tidak menjadi tanggungannya. Demikian harap maklum. Wallahu a'lam bishshawab.

Editor: Bedjo
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved