Tanya Jawab Puasa

Meletakkan Alquran di Lantai

Saya mau tanya ustad apakah hukum meletakkan mushaf Alquran di bawah yaitu di atas lantai masjid? Karena di masjid kami itu sering sekali kalau habis

SRIPOKU.COM/ZAINI
Ilustrasi. 

Tanya:

SRIPOKU.COM - Assalamualaikum pak Ustad. Saya Arisandi di OI. Saya mau tanya ustad apakah hukum meletakkan mushaf Alquran di bawah yaitu di atas lantai masjid? Karena di masjid kami itu sering sekali kalau habis membaca Alquran, maka Alqurannya tidak langsung diletakkan di rak masjid, memang lantai yang dimaksud adalah di atas sajadah.

Berita Lainnya: Prioritaskan Ibadah Sunnat

Jawab:
Waalaikum salam wr wb. Saudara Arisandi yang dimuliakan Allah. Terhadap apa yang menjadi kerisauan saudara sebetulnya hal itu tidak mengapa selama bukan dimaksudkan untuk penghinaan.

Misalnya, meletakkan mushaf di depan atau di samping, ini tidak mengapa dan tidak masalah, dan juga bukan kekufuran. Adapun jika meletakannya di antara kaki dan tentunya kecil kemungkinan seorang mu'min berbuat demikian maka tidak ragu lagi ini adalah bentuk penghinaan terhadap Kalamullah.

Namun demikian, karena mushaf Alquran merupakan kalam Allah swt., maka sudah sepatutnyalah kita menghormatinya (littakrim) dengan cara menempatkannya pada tempat yang sesuai, misalnya dengan cara meletakkannya di tempat yang agak tinggi, baik ketika membaca, maupun ketika mushaf Alquran sedang tidak dibaca.

Mushaf Alquran tidak sama dengan buku biasa. Oleh karena itu, perlakukanlah Alquran dengan sebaik-baiknya, karena ia adalah kalam Allah swt. Di antara banyak isi kandungannya bahwa Alquran merupakan petunjuk bagi orang yang bertaqwa seperti disebutkan dalam Surat al-Baqarah ayat 2: za lika al-kitab hudan lil muttaqin (kitab itu atau Alquran merupakan petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa). Demikian semoga dapat dipahami.

Keterangan
Ustaz Muhammad Adil, dosen UIN Raden Fatah Palembang mengajak berdialog soal Islam. Pertanyaan bisa disampaikan melalui fanpage facebook Tanya Ustaz M Adil (https//www.facebook.com/pages/tanya-ustad-adil) atau akun Muhammad Adil, e-mail: Muh.Adil1973@gmail.com; M.adil73@yahoo.com; sriwijayapost@yahoo.com; redsripoku@gmail.com; dan Twitter: @Adil1973 atau SMS ke nomor mentari 08151673494, simpati 082175363144 atau XL 087897737294.

Editor: Bedjo
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved