Pembangunan Dermaga Stockpile Batubara PT BM Distop

Pembangunan Dermaga (Stok File) Batubara yang akan di bangun oleh PT Batubara Mandiri (BM) di Dudun 8 Gunung Megang terpaksa dihentikan.

Pembangunan Dermaga Stockpile Batubara PT BM Distop
SRIPOKU.COM/DOKUMEN
Bupati Muaraenim, Ir H Muzakir Sai Sohar 

SRIPOKU.COM, MUARAENIM---Karena tidak sesuai dengan Kawasan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Muaraenim, Pembangunan Dermaga (Stok File) Batubara yang akan di bangun oleh PT Batubara Mandiri (BM)  di Dusun 8, Desa Gunung Megang Dalam, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muaraenim dihentikan.

"Saya sangat mendukung penuh jika ada investor yang akan berinvestasi di wilayah Kabupaten Muaraenim. Namun untuk pembangunan dermaga ini belum bisa dilakukan karena tidak sesuai dengan RTRW kita," tegas Muzakir dalam kegiatan Audiensi dengan Masyarakat Desa Gunung Megang Dalam, Selasa (29/3/2016).

Menurut Muzakir, karena masih ada kendala tersebut, maka ia sudah meminta kepada pihak manajemen perusahaan untuk berkoordinasi dengan instansi terkait.

Dan selama belum ada legalitas maka pihak perusahaan dilarang beraktifitas dan untuk menghentikan semua kegiatan operasional sebelum semua syarat-syarat pembangunan dermaga tersebut di lakukan sesuai prosedur.

Sebab membangun dermaga tersebut tidaklah mudah, karena pihak perusahaan harus melengkapi persyaratannya dahulu. Karena lokasinya masuk dalam kawasan RTRW maka harus di keluarkan dulu dari RTRW, kemudian nantinya setelah itu harus mengurus amdalnya dulu di BLH, dan prosedur lainnya yang harus di penuhi oleh perusahaan.

Dan selama proses tersebut belum ada keputusan, kata Muzakir, ia minta kepada warga agar tetap menjaga keharmonisan dan kekompakan antara warga satu dengan yang lainnya.

Jangan sampai terpancing dan terpecah belah oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab hanya gara-gara pembangunan dermaga tersebut. Untuk selalu menjaga kerukunan antara satu dengan yang lainnya hingga semua prosedur pembangunan dermaga tersebut di penuhi perusahaan.

Sementara itu menurut Kepala Desa Gunung Megang Dalam M Teguh, pihaknya mendukung penuh jika perusahaan PT Batubara Mandiri akan membangun Dermaga (stock file) di desanya, dengan syarat

" Asalkan perusahaan dapat melibatkan masyarakat gunung megang dalam kegiatan operasional perusahaan, karena dengan adanya dermaga tersebut tentu akan membantu warga untuk mendapatkan lapangan pekerjaan sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di desa kami," ujarnya.

Terkait adanya penolakan dari sebagian masyarakat Gunung Megang, sambung Kades, pihaknya mengklarifikasi bahwa hal itu hanya dilakukan oleh segelintir oknum masyarakat. Dalam berkas penolakan tersebut banyak masyarakat yang dijebak untuk suruh tanda tangan, namun pada kenyataannya hampir 99 persen, masyarakat Gunung Megang mendukung penuh pembangunan dermaga tersebut," pungkasnya.

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved