Gerhana Bulan Tak Berpengaruh

Bulan hanya akan terlihat terang karena adanya sinar matahari yang memberikan pantulan cahaya ke bulan

Gerhana Bulan Tak Berpengaruh
ISTIMEWA
Ilustrasi 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Gerhana bulan penumbra yang terjadi Rabu (23/3/2016) malam tidak membawa efek atau pengaruh baik untuk iklim maupun pasang surut air laut. Karena memang, ini hanya fenomena yang terjadi dengan posisi Bulan Bumi dan Matahari sejajar diorbitnya.

Sehingga memang, bulan hanya akan terlihat terang karena adanya sinar matahari yang memberikan pantulan cahaya ke bulan hingga sampai ke bumi.

"Ini tidak ada efek sama sekali, hanya saja ketika dilihat akan terlihat terang. Tidak ada pengaruh baik untuk iklim maupun pasang surut air laut," ujar Kasi Observasi dan Informasi BMKG Kenten Palembang Indra Purna ketika dikonfirmasi, Rabu.

Berbeda dengan adanya fenomena supermoon atau bulan akan terlihat lebih besar pada biasanya. Karena memang, posisi bulan berada lebih dekat dengan bumi.

Adanya supermoon ini, ada pengaruh untuk iklim terutama pasang surut air laut. Karena memang, adanya supermoon berdampak dan memang menjadi suatu penelitian untuk iklim kedepannya dan pasang surut air laut.

Dalam beberapa bulan ini, akan dipastikan terjadi supermoon dan dapat dilihat dengan mata terlanjang dan bulan akan terlihat lebih besar. Sedangkan gerhana bulan penumbra ini, akan terlihat terang tetapi tidak terlihat besar seperti supermoon.

"Nanti akan ada fenomena supermoon, dan memang di 2016 ini akan banyak fenomena astronomi. Tetapi untuk lebih detil bisa tanyakan dengan pakar astronomi. Tetapi, adanya gerhana bulan ini, tidak akan berpengaruh pada iklim maupun pasang surut air laut," katanya. (ard/TS)

Editor: Soegeng Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved