Mengapa Kita Harus Bersabar?

“Maka bersabarlah, sesungguhnya kesudahan yang baik adalah bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS Hud 49).

Mengapa Kita Harus Bersabar?
ist
ilustrasi 

KENAPA kita harus bersabar? Karena di balik kita bersabar dalam menghadapi ujian dan cobaan terdapat kebaikan dunia dan akherat, di antaranya adalah :

1. Keselamatan dan keberuntungan

Allah SWT berfirman: “Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.” (QS Ath-Thalaq 2-3).

Maksudnya, barang siapa bertakwa kepada Allah SWT dengan penuh kesabaran, niscaya Allah SWT mencarikan jalan keluar bagi segala kesulitan yang dihadapinya.

2. Memperoleh kemenangan atas musuh-musuhnya

Allah SWT berfirman: “Maka bersabarlah, sesungguhnya kesudahan yang baik adalah bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS Hud 49).

3. Berhasil mencapai apa yang diinginkan (cita-cita)

Allah SWT berfirman : “Dan telah sempurnalah perkataan Tuhanmu yang baik (sebagai janji) untuk Bani Israil disebabkan kesabaran mereka.” (QS Al-A’raf 137).

Sebagian ulama berkata, bahwasanya Nabi Yusuf mengirim surat balasan kepada Nabi Ya’qub yang isinya antara lain, “Nenek moyang anda benar-benar bersabar, sehingga mereka memperoleh keberhasilan. Karena itu, bersabarlah sebagaimana mereka bersabar, niscaya apa yang menjadi maksud anda akan berhasil, sebagaimana keberhasilan mereka.”

4. Menjadi pemuka dan pemimpin masyarakat

Halaman
1234
Penulis: Aminudin
Editor: Sudarwan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved